ADVERTISEMENT

Tamatnya Kisah Ambulans 'Horor' di Bandung yang Pindah ke Parung

Erna Mardiana - detikNews
Senin, 16 Mei 2016 14:46 WIB
Foto: M Renaldi/pembaca
Bandung - Ambulans yang berada di Jalan Bahureksa No 15, Bandung sudah menjadi urban legend terkenal di Kota Bandung. Banyak cerita-cerita mistis yang dikaitkan dengan keberadaan ambulans itu. Namun hingga kini cerita itu hanya beredar dari mulut ke mulut, tanpa ada kesaksian langsung.

Dari berbagai sumber, kisah-kisah tentang ambulans horor itu berawal dari rumah milik keluarga Belanda. Pada suatu hari, kecelakaan menimpa seluruh anggota keluarga dan menewaskan seluruhnya. Sebuah mobil ambulans mengantarkan jenazah kembali ke rumah dari tempat kecelakaan. Keesokan harinya, ambulans itu terparkir di halaman tanpa diketahui siapa yang mengantarkannya. Berkali-kali dikembalikan ke rumah sakit, ambulans itu selalu kembali lagi.

Namun ada pula cerita lainnya yang mengatakan mobil ambulans itu tadinya adalah sebuah mobil mekanik yang dibeli oleh sebuah Rumah Sakit di Bandung, kemudian dimodifikasi dengan mesin baru sehingga menyerupai ambulans.
foto: M Renaldi/pembaca (saat ambulans dipindahkan)

Namun ketika tiba di rumah sakit, ambulans ini tidak mau menyala dan akhirnya dibawa dengan mobil derek kembali ke rumah ini. Anehnya, ketika mobil tersebut dicoba di rumah, mesin mobilnya dapat menyala dengan lancar. Sekali lagi rangkaian cerita itu hanya sekedar cerita saja dari mulut ke mulut. Tak pernah ada yang jelas bagaimana kisah sebenarnya ambulans itu.

Pada 2008 lalu, kisah 'keangkeran' ambulans ini dimanfaatkan oleh empat anak muda Kota Bandung. Mereka menyewa rumah tersebut lalu menyulapnya menjadi sebuah distro. Nama tokonya pun diberi nama 'Ambulans Shop'. Mobil ambulans dibiarkan terparkir di halaman, namun ditutup dengan penutup mobil.

Mitos soal ambulans ini malah membuat untung pemilik distro, apalagi setelah munculnya film Hantu Ambulance. Banyak konsumen yang datang pada awalnya karena penasaran dengan legenda ambulans yang tersebar selama ini. Namun para pemilik distro mengaku selama mereka menyewa, tidak ada kejadian mistis yang terjadi. Namun kini distro itu sudah tutup. Kini ditempati oleh toko sepatu, travel, dan tukang cukur.

Dan kemudian, pada faktanya cerita mistis yang selama ini berkembang bahwa ambulans tak bisa dipindahkan ke tempat lain, karena akan selalu kembali lagi ke Bahureksa No 15, tampaknya kini terpatahkan. Buktinya, dua bulan lalu ambulans ini sudah diangkut ke luar Kota Bandung.

"Dua bulan lalu ambulans sudah diangkut," ucap Agus Trijadi (51), salah satu pengontrak rumah di Jalan Bahureksa No. 5, saat berbincang bersama detikcom, Senin (16/5/2016).

Menurut Tri, pemindahan ambulans horor ini merupakan permintaan anak pemilik rumah. Sang empu ambulans mengutus jasa pengangkut kendaraan bertolak ke Bandung untuk memboyong ambulans tersebut ke Parung, Bogor.

Dengan 'kepergian' ambulans itu, urban legend soal mobil pengangkut jenazah yang penuh horor di Bandung sudah berakhir. Tamat! (ern/dra)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT