Sebut Kader HMI dekat Dengan Korupsi, Saut Situmorang Minta Maaf

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Senin, 09 Mei 2016 11:36 WIB
Foto: Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (foto: Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang meminta maaf ke Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Saut meminta maaf terkait pernyataannya di sebuah stasiun TV yang menyebut kader HMI ketika sudah menjadi pejabat publik dekat dengan korupsi.

"Terkait dengan pernyataan di acara di sebuah stasiun TV pada Kamis 5 Mei, ada menyebut nama HMI. Maka dari itu saya perlu memberikan klarifikasi," kata Saut di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (9/5/2016).

Saut menjelaskan, dirinya tidak bermaksud menyebut kader HMI yang sudah menjabat di jabatan publik dekat dengan korupsi. Dia mengaku pernyataannya itu di luar kontrol pikirannya.

"Saya selaku pribadi tidak bermaksud menyinggung HMI atau lembaga lain. Saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut," jelasnya.

"Saya menyampaikan itu di alam bawah sadar saya. Kami percaya, HMI sebagai salah satu penggerak aktivis mahasiswa di Indonesia bisa menjadi mitra KPK untuk memberantas korupsi," tegas Saut.

Saut mengatakan, dalam waktu dekat pimpinan KPK akan menemui jajaran pengurus PB HMI. Pimpinan KPK akan memberikan klarifikasi langsung ke PB HMI.

"Untuk itu kami akan segera bertemu dengan pimpinan HMI. Tadinya kita berharap kemarin bisa bertemu, tapi beberapa pengurus belum ada di Jakarta," ungkap Saut. (kha/hri)