Jual Kaus Gambar Palu Arit, Pemilik Toko di Blok M Dibawa Aparat Gabungan ke Polsek

Elza Astari Retaduari - detikNews
Minggu, 08 Mei 2016 23:06 WIB
Kaus gambar palu arit yang disita dari toko di Blok M/Foto: Dok. Kapendam Jaya
Jakarta - Aparat gabungan Polri dan TNI membawa pemilik toko di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Pria berinisial MI dibawa ke Polsek untuk diminta keterangan karena menjual kaus bergambar palu dan arit.

Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa mengatakan tim dari Intel gabungan Kodam Jaya dan Polsek Kebayoran Baru Polda Metro Jaya membawa pemilik kios toko MS di Blok M Square dan di Blok M Mall pada Minggu (8/5/2016). Di kedua toko itu dijual kaus berlogo palu arit dengan tulisan kreator.

"Kita yang mendapat infonya, terus kita ajak polisi (untuk mengamankan), jadi tim gabungan," ujar Heri kepada detikcom, Minggu (8/5/2016).

Dari keterangan saksi yang merupakan karyawan toko, Anggi, kaus berlogo palu arit sudah dijual di toko-toko tersebut sejak kurang lebih 3 bulan lalu. Tim lalu membawa barang bukti satu lusin kaus berlogo palu arit beserta sang pemilik toko.

"Saat ini sedang diproses Kebayoran Baru," kata Heri.

Guna menghindari adanya penyebaran kaus yang identik dengan PKI tersebut, kata Heri, saat ini TNI dan Polri bekerja sama melakukan patroli. Khususnya di jajaran tingkat wilayah Jabodetabek.

"Di Kodim dan Polres patroli bersama. Anggota TNI dan Polisi berboncengan dengan motor," tuturnya.

Dari pengembangan kasus itu, diketahui toko MS juga berada di tempat lain yakni di Jl Merdeka Timur AB No.21, Depok, Jawa Barat, dengan pemilik berbeda yaitu R.

"Menurut keterangan dari penjaga toko, barang didapat dari Bandung atas nama saudara S," terang Heri.

Kapendam Jaya menyebut ada dua orang penjaga toko yang sedang di-BAP oleh Reskrim Polsek Kebayoran Baru.

Pihak Polsek Kebayoran Baru belum memberikan keterangan mengenai perkembangan penanganan kasus ini termasuk dasar penyitaan dan permintaan keterangan terhadap MI, pemilik toko dan dua orang penjaga toko.

(elz/fdn)