Bullying Siswi SMA 3 Jakarta, Polisi: Kami Tunggu Penyelesaian Sekolah

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 03 Mei 2016 10:30 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa
Jakarta - Aksi bullying siswi SMA menjadi viral di media sosial. Kapolsek Setiabudi Kompol Tri Yulianto membenarkan bahwa pelaku dan korban bullying adalah pelajar SMA 3 Jakarta.

"Ya betul, (pelaku) siswa kelas XII ke (korban) siswa kelas X," ujar Tri saat berbincang dengan detikcom, Selasa (3/5/2016).

Polsek Setiabudi mendapat informasi adanya video bullying dari media sosial dan sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah sejak Minggu (1/5). Hari ini Kepala Sekolah SMA 3 Jakarta pun mendatangi Polsek untuk melakukan koordinasi terkait permasalahan ini.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak sekolah. Tadi memang betul (kepala sekolah mendatangi polsek). Kita komunikasi dengan pihak sekolah sudah lama, kejadian sudah sejak minggu lalu," tuturnya.

Dari koordinasi disepakati bahwa pihak sekolah akan berusaha menyelesaikan permasalahan dulu secara internal. Jika tidak selesai, kepolisian akan turun tangan.

"Intinya kita siap memback up. Kalau tidak diselesaikan, kita akan bertindak. Karena permasalahan seperti itu butuh peluang dari pihak sekolah (untuk menyelesaian)," jelas Tri.

Menurutnya, pihak sekolah sudah melakukan pertemuan dengan para siswi yang berada di video. Baik pelaku maupun korban.

"Sudah ada pertemuan dengan pihak keluarga. Kepsek juga sudah membuat keputusan, sudah ada sanksi-sanksi kalau nggak salah. Sekarang ada pertemuan lagi," beber dia.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video berdurasi 37 detik tersebar dan menjadi perbincangan. Belum diketahui kapan dan lokasi tempat video diambil. Tapi dari video itu terucap kata-kata makian ke para siswi junior. "Perek perek perek," demikian kata yang terucap.

Tidak lama terlihat ada siswi yang diguyur kepalanya dengan air di botol. Setelah itu ada siswi memakai bra di luar baju sekolah, dan dipaksa merokok. Siswi itu terlihat menunduk dan mengusap matanya. Belum diketahui motif siswi senior itu melakukan bullying. (elz/dra)