Akan Gabung Kelompok Santoso, 2 Warga Riau Ditangkap Satgas Tinombala

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 02 Mei 2016 21:21 WIB
Santoso (Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi)
Pekanbaru - Dua warga dari Riau diduga akanĀ  ikut bergabung dengan kelompok Santoso di Poso Sulawesi Tengah (Sulteng). Belum sempat bergabung, keduanya lebih dulu diamankan tim Satgas Tinombala.

Demikian disampaikan, Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Riau, Kombes Pol Djati Wiyoto kepada wartawan di Pekanbaru, Riau, Senin (2/5/2016).

Djati menjelaskan, keduanya merupakan warga Dumai, terpaut 200 km sebelah utara Pekanbaru. Mereka yang diamankan tim Satgas TNI/Polri itu bernama Ovan Fadla dan Dede Suwaryadi.

"Dari informasi Satgas Tinombala, keduanya diamankan saat berada di Poso. Keduanya belum sempat ikut bergabung dengan kelompok Santoso," kata Djati.

Djati menyebutkan, awalnya yang tertangkap Ovan pada KamisĀ  (28/4). Selanjutnya Satgas melakukan pengembangan dari Ovan. Dari sana lantas dikembangkan dengan menangkap Dede pada Minggu (1/5).

"Kini keduanya masih dilakukan pemeriksaan di Satgas. Tim masih mendalami siapa saja dari Riau yang ikut terlibat dalam jaringan Santoso," kata Djati.

Djati menjelaskan, dua pekan yang lalu, istri Dede membuat laporan ke Polsek di Dumai, jika suaminya menghilang. Sebelum suaminya menghilang, Dede sempat berkenalan dengan Ovan.

"Dari laporan istrinya itu lantas kita lakukan pengembangan. Sehingga ada dugaan bahwa Ovan inilah yang merekrut si Dede. Dari sana terus dikembangkan sehingga akhirnya keduanya bisa diamankan di Poso," tutup Djati. (cha/dnu)