2 Arkeolog Turun ke Lokasi Wajan Raksasa, Cek Kemungkinan Temuan Lain

ADVERTISEMENT

2 Arkeolog Turun ke Lokasi Wajan Raksasa, Cek Kemungkinan Temuan Lain

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Senin, 02 Mei 2016 11:23 WIB
Foto: Akhmad Alwin Kamal/pasangmata.com
Jakarta - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mulai turun ke lokasi penemuan wajan raksasa di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Tak cuma melihat lokasi atau mengecek kondisi wajan, tapi juga mencari benda-benda lain.

"Hari ini dua orang yang berangkat ke sana (Kutoarjo). Cek wajan dan lokasi penemuan," kata Kepala BPCB Jateng, Tri Hartono, kepada detikcom, Senin (2/5/2016).

Tim akan lebih dulu ke lokasi penemuan wajan, Jl MT Haryono, Kutoarjo. Di sana, mereka akan meneliti lahan tempat penemuan wajan raksasa. Setelah itu, mereka ke Museum Tosan AjiĀ  Purworejo, tempat wajan raksasa disimpan.

"Siapa tahu ada temuan lain. Kan katanya, selain wajan, di sana juga ada tungku," jelas Tri Hartono.

Tri Hartono mengungkapkan, benda raksasa pernah ditemukan di Getas dan Jatirejo, Suruh, Kabupaten Semarang. Hanya saja bentuknya bukan wajan, melainkan bejana. Fungsinya sebatas alat masak dan tempat penyimpanan.

Wajan raksasa di Kutoarjo ditemukan saat pemilik lahan, Widodo (50) hendak membangun ruko beberapa hari lalu. Wajan tersebut dipindahkan dari lokasi penemuan ke Museum Tosan Aji, Minggu (1/5) kemarin. Bagian tepi wajan pecah. Tak ada keterangan kenapa bisa pecah.

(trw/nrl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT