Melahirkan di Dalam TransJ, Penumpang Dilarikan ke RS Sumber Waras

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Senin, 02 Mei 2016 00:03 WIB
Ilustrasi bus TransJ (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -
Seorang penumpang melahirkan dalam bus TransJakarta. Humas PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi menginformasikan bayi berjenis kelamin laki-laki itu dilahirkan Siti Mariama dalam perjalanan menuju Pluit, Jakarta Utara.

"Seorang pelanggan telah melahirkan seorang bayi laki-laki di dalam bus TransJakarta rute Pinang Ranti-Pluit pada hari ini, Minggu (1/5) pukul 11.47 WIB," ujar Budi kepada detikcom, Minggu (1/5/2016).

Dok. Istimewa


"Dalam sejarah TransJakarta, peristiwa melahirkan di dalam bus ini baru pertama kali terjadi," imbuhnya.

Budi menjelaskan, saat naik bus kondisi Mariama tengah hamil tua. Kemudian tiba-tiba ia mengalami pecah air ketuban tepat ketika bus TransJakarta berhenti di Halte Grogol 2.

Kemudian bayi Mariama lahir saat bus TransJakarta dalam perjalanan menuju Halte Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat. Saat Siti memasuki proses kelahiran, petugas on board yang  dibantu oleh pengemudi bernama Donny Arifin langsung berupaya memberi pertolongan medis ke rumah sakit terdekat, yakni RS Sumber Waras.

"Dengan cepat, petugas on board yang bernama Ibnu Banawi segera memindahkan penumpang lain ke bus berikutnya. Selanjutnya, pengemudi Donny berinisiatif segera membawa Ibu Mariama ke rumah sakit terdekat," terang Budi.

Pada saat kejadian, Ibu Mariama didampingi suami yang bernama Sigit Hendriyanto dan kedua anaknya yang masih kecil. Selang 15 menit kemudian ketika dalam perjalanan ke rumah sakit, Ibu Mariama melahirkan dengan dibantu seadanya oleh sang suami bernama Sigit Hendriyanto.

Budi menginformasikan saat ini ibu dan bayinya dalam kondisi sehat. Keduanya masih mendapat perawatan di RS Sumber Waras, Jakarta Barat. (aws/dhn)