DetikNews
Jumat 29 Apr 2016, 19:18 WIB

Kejagung Berencana Panggil Alex Noerdin Lagi

Yulida Medistiara - detikNews
Kejagung Berencana Panggil Alex Noerdin Lagi Alex Noerdin di Kejagung/ Foto: Yulida/detikcom
Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin diperiksa penyidik Kejagung terkait kasus dana hibah di Provinsi Sumatera Selatan APBD 2013. Alex yang telah menjabat sebagai Gubernur Sumsel selama dua periode itu akan dipanggil lagi oleh penyidik Kejagung.

"Kita lihat kalau ada kepentingan penyidikan lebih lanjut akan dipanggil lagi," ujar Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung, Fadil Jumhana, di Kejagung, Jl Sultan Hasanudin, Jumat (29/4/2016).

Pada pemeriksaan ketiganya Alex, sebelumnya Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah, menjelaskan bahwa akan ada yang perlu ditanyakan pada Alex terkait kebijakan dan prosedur. Serta terkait kapasitasnya selaku gubernur yang melakukan persetujuan dan mengeluarkan keputusan kebijakan. Kuasa Hukum Alex, Susilo Ari Wibowo juga menyebut kliennya telah menjelaskan ke penyidik mengenai prosedur pemberian hibah dan aspirasi DPRD.

Dalam perkara ini, Kejagung menemukan indikasi penyimpangan dana hibah pada APBD tahun 2013 senilai 1,2 Triliun. Namun, belum diketahui pasti berapa jumlah dana yang diselewengkan.

"Ini ada penyimpangan dana hibah Pemprov Sumsel 2013. Total dana hibahnya di APBD 2013 1.2 Triliun, tapi penyimpangannya berapa kan kita belum selesai (masih diselidiki)," imbuhnya.

Kasus ini telah masuk dalam tahap penyidikan, puluhan saksi telah diperiksa terkait dugaan penyelewengan dana hibah ini. Arminsyah mengatakan, telah ada beberapa anggota DPRD Provinsi Sumsel, pejabat Satuan Kerja Pejabat Daerah (SKPD) dan pihak swasta. Namun, ia tidak menyebut siapa saja yang telah diperiksa secara detail.

"Banyak saksi diperiksa, kasusnya menyebar ada yang dibagikan ke kelompok ini, jadi berkaitan dengan kasus yang terkait hibahnya itu jumlahnya beda-beda," ungkap Arminsyah pagi tadi.


(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed