DetikNews
Jumat 29 April 2016, 14:50 WIB

Pengacara: Alex Noerdin ke Kejagung untuk Mengungkap Penyimpangan Dana Hibah

Yulida Medistiara - detikNews
Pengacara: Alex Noerdin ke Kejagung untuk Mengungkap Penyimpangan Dana Hibah Alex Noerdin/ Foto: Yulida/detikcom
Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin hadir memenuhi panggilan penyidik Kejagung. Ia akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait dugaan kasus penyelewengan dana bansos dan hibah APBD 2013.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 14.22 WIB menggunakan batik cokelat. Ia hanya irit bicara ketika ditanya terkait kesiapannya untuk menghadiri pemeriksaan Kejagung. Alex hanya tersenyum ketika diserbu pertanyaan-pertanyaan awak media.

"Nanti dulu," kata Alex Noerdin ketika masuk ke Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jl Sultan Hasanudin, Jumat (29/4/2016).

Kuasa hukumnya, Susilo Ari Wibowo mengatakan Alex akan membantu mengungkap apa yang diketahui dan dialami terkait bansos.

"Tentu, tentu pak Alex akan membantu mengungkap apa yang dia alami dan dia ketahui mengenai hibah dan bansos," ujar Susilo

"Kalau saya mengatakan sudah sesuai, tidak ada hal-hal yang menyimpang," imbuhnya

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah mengatakan bahwa hari ini penyidik akan menanyakan terkait kebijakan dan prosedur. Serta terkait hal yang diketahui dan disetujui Alex selaku gubernur.

Dalam perkara ini, Kejagung menemukan indikasi penyimpangan dana hibah pada anggaran tahun 2013 senilai 1,2 Triliun. Namun, belum diketahui pasti berapa jumlah dana yang diselewengkan.

Kasus ini telah masuk dalam tahap penyidikan, puluhan saksi telah diperiksa terkait dugaan penyelewengan dana hibah ini. Jampidsus Arminsyah mengatakan, telah ada beberapa anggota DPRD Provinsi Sumsel, pejabat Satuan Kerja Pejabat Daerah (SKPD) dan pihak swasta. Namun, ia tidak menyebut siapa saja yang telah diperiksa secara detail.

"Banyak saksi diperiksa, kasusnya menyebar ada yang dibagikan ke kelompok ini, jadi berkaitan dengan kasus yang terkait hibahnya itu jumlahnya beda-beda," ungkap Arminsyah.
(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed