DetikNews
Kamis 28 April 2016, 16:56 WIB

Di Lapas Gunung Sindur Baasyir kini Sudah Bisa Olah Raga, Tapi Tak Nyaman dengan CCTV

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Di Lapas Gunung Sindur Baasyir kini Sudah Bisa Olah Raga, Tapi Tak Nyaman dengan CCTV Foto: istimewa/ Baasyir saat di Nusakambangan
Jakarta - Abdul Rahim atau Iim, putra Abu Bakar Baasyir memberi kabar kondisi ayahnya. Menurut dia, ayahnya sudah lebih bebas bergerak di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Baasyir dipidana atas kasus terorisme.

"Kemarin saya sudah bertemu dengan beliau, beliau diberikan hak juga untuk berolah raga di depan, artinya bisa terkena sinar matahari," jelas Iim usai bertandang ke PBNU di Jl Kramat Raya, Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Menurut dia, tidak seperti sebelumnya yang tidak boleh kemana-mana saat ditahan di Nusakambangan.

"Intinya sudah lebih nayaman dari sebelumnya. Tapi masih ada beberapa pengawasan yang diterapkan yang keluarga kurang sorotin yaitu penempatan CCTV yang ditempatkan di kamar beliau 24 jam itu jelas melanggar hak privasi beliau. Insya allah akan kita tuntut  kepada pemerintah," sambung dia.

Iim juga menyampaikan protesnya, keluarga hanya bisa berkomunikasi lewat interkom. Sehingga terbatas kebebasan keluarga.

"Mungkin ya itu juga direkam. Perlakuan seperti ini kan sebetulnya tidak layak untuk beliau. Seharusnya dilakukan kepada napi-napi yang nakal, yang dari dalam penjara mampu menggerakan tindakan kriminalitas. Sedangkan selama ini beliau tidak pernah menunjukan perilaku yang tidak baik. Itu diakui seluruh kalapas di lapas-lapas sebelumnya dia tinggal," urai dia.

"Jadi jika selama ini ada bukti-bukti beliau mengajarkan terorisme maka silakan dibuktikan dalam proses legal di negeri ini untuk kemudian ditindak lanjuti. Tidak kemudian diambil keputusan secara sepihak lalu diperlakukan peraturan seperti ini," sambung dia.
(ed/dra)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed