DetikNews
Kamis 28 April 2016, 11:59 WIB

Brigadir Iwan, Polisi yang Sukses Daur Ulang Sampah dan Bos bagi 19 Karyawan

Muhajir Arifin - detikNews
Brigadir Iwan, Polisi yang Sukses Daur Ulang Sampah dan Bos bagi 19 Karyawan Brigadir Iwan Sudarmono di lokasi usahanya (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Sukses hanya bisa diraih dengan kerja keras dan ketelatenan. Hal itu dibuktikan Brigadir Iwan Sudarmono (34), anggota Polres Pasuruan Kota, yang sukses menjalani usaha daur ulang sampah kertas dan plastik.

Memulai serius bisnis daur ulang sampah sejak 2012, pria asli Lamongan ini kini mempunyai 19 karyawan.

"2012 mulai serius menekuni bisnis sampah," kata Iwan saat ditemui di lokasi penggilingan sampah plastik miliknya di Jalan Bambang Seketi, Desa/Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (27/4/2016).

Iwan mengaku bisnis daur ulang sampah sudah dirintis sejak lama namun baru bisa serius mulai 2012. Bantuan modal dari komandannya yang membuat dia berani menyewa lahan dan membeli mesin giling sampah plastik.

"Prinsip saya yang penting tidak mengganggu kerja dinas dan halal. Saya bisa menambah rejeki dengan halal. Itu yang penting," katanya bangga.

Brigadir Iwan Sudarmono (berkaos biru) dan para karyawan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

Melihat kegigihan Iwan, komandannya di Satuan Sabhara berinisiatif memberikan pinjaman modal. Sejak saat itu, dia merasa dapat dukungan dan memberanikan diri menyewa lahan dan membeli mesin penggilingan. Tentu saja, pinjaman pribadi sang komandan tersebut ditambah dengan uang tabungannya.

"Pak Tis (Kompol Sutiswono, mantan Kasat Sabhara) meminjami saya uang. Lalu saya nekat, nawaitu," tandasnya.

Saat ini usaha daur ulang sampah miliknya terus berkembang . Dia memiliki 19 karyawan yang rata-rata warga sekitar lokasi penggilingan. Salut untuk Brigadir Iwan.
(fat/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed