DetikNews
Rabu 27 April 2016, 18:51 WIB

Soal Lapas Overkapasitas, Anggota DPR: Hukuman Tak Harus Dipenjara

Wisnu Prasetiyo - detikNews
Soal Lapas Overkapasitas, Anggota DPR: Hukuman Tak Harus Dipenjara Foto: dok. Komisi III dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi
Jakarta - Masalah overkapasitas lapas tak kunjung ada solusi. Untuk mengurangi masalah overkapasitas ini, usul agar tak semua kejahatan berujung hukuman penjara kembali muncul.

"Tidak seluruh orang yang bersalah, divonis, itu tidak harus dipenjarakan. Misalnya dia mencuri kayu di kebun orang lain, itu tidak perlu dipenjarakan, sanksinya bisa sanksi lain, misalnya kerja sosial," ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi di gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, (27/4/2016).

Dikatakan Taufiq, filosofi penjara adalah untuk membuat para pelaku tindak kejahatan jera dan menyadari apa yang dilakukannya. Setelah dipenjara, seharusnya para narapidana bisa menjadi pribadi yang lebih baik ketika kembali ke masyarakat.

"Tidak perlu yang ringan itu dipenjarakan. Maksud penjara itu filosofi pemenjaraan itu bukan untuk balas dendam, dia kita penjarakan terus kita didik kemudian agar bisa lebih baik, makanya dibilang pemasyarakatan," ujarnya.

"Ketika dia kembali ke masyarakat dia sudah tidak membawa masa lalunya," imbuhnya.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed