Gedung Reserse Polda Sulsel Terbakar, Labfor Selidiki Asal Api

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 25 Apr 2016 08:38 WIB
Foto: M Nur Abdurrahman/detikcom
Makassar - Sebanyak 5 ruangan di gedung Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrim) Mapolda Sulawesi Selatan di jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Makassar, dilalap Jago Merah. Belum diketahui apa penyebab api.

Kebakaran terjadi pada Senin dini hari sekitar pukul 04.00 Wita (25/4/2016). Lima ruangan yang terbakar dua di antaranya ruangan Ditres Narkoba dan tiga ruangan lainnya milik Ditres Kriminal Umum. Belasan unit armada dan puluhan petugas Damkar Kota Makassar yang dikerahkan berhasil memadamkan api sekitar pukul 07.00 Wita.

Saat kebakaran terjadi puluhan tahanan Reskrim dievakuasi ke halaman masjid yang berada di samping gedung yang terbakar. Para tahanan tersebut dikawal ketat agar tidak ada yang kabur.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Frans Barung pada detikcom menyebutkan Tim Labfor Polri masih menyelidiki penyebab kebakaran.

"Dugaan sabotase belum ada, hasil penyelidikan Labfor nanti akan kami sampaikan, beberapa berkas yang terbakar filenya aman karena sudah diback up sebelumnya," ujar Barung.

Sementara itu peristiwa kebakaran ini persis bersamaan dengan hari kerja pertama Irjen Anton Charliyan sebagai Kapolda Sulsel. Sebelum acara penyambutan, mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini lebih dahulu mengunjungi gedung Ditreskrim yang terbakar. (mna/dra)