Tanggul Jebol yang Sebabkan Banjir di Pondok Gede Permai Mulai Ditambal

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2016 17:55 WIB
Foto: Edward Febriyati
Bekasi - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai membangun bronjong untuk menambal tanggul jebol di Jatiasih, Bekasi. Pembangunan sebagai langkah tanggap darurat. Tanggul jebol ini menyebabkan kawasan Pondok Gede Permai terendam.

Di lokasi, Sabtu (23/4/2016)  pasca banjir surut yang menggenangi pemukiman penduduk Pondok Gede Permai, Kementerian PUPR mulai bergerak cepat dengan membangun bronjong di titik jebol tanggul. Para pekerja bangunan terlihat sibuk menurunkan batu pondasi bronjong.

"Ini kita bangun bronjong untuk situasi tanggap darurat. Diharapkan senin nanti sudah dapat selesai," ujar Nurmal Pelaksana Tugas Kementerian PU di lokasi.

Nurman mengatakan bronjong yang dibangun juga akan dilapisi terpal dan karung pasir. "Ketinggiannya akan menyamakan limpasan yang sudah ada," sambungnya.

Limpahan air dari aliran sungai Cikeas membuat tanggul di pinggiran sungai Cipendawa jebol. Alhasil aliran air masuk menggenangi pemukiman warga Pondok Gede Permai. Aliran air pun masuk dari kawasan RW 09.

"Tadi sudah berkordinasi dengan Pemkot Bekasi, nantinya limpasan yang sudah ada sepanjang 800 meter akan ditambah lagi 700 meter. Pembangunan terhenti kata mereka karena anggaran yang turun secara bertahap," pungkasnya. (dra/dra)