Sungai Citarum Meluap, Pemerintah Karawang Tetapkan Status Siaga

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 21 Apr 2016 18:23 WIB
Foto: Dok. Polres Karawang
Jakarta - Curah hujan yang tinggi di wilayah Karawang, Jawa Barat, menyebabkan Sungai Citarum dan Sungai Cibeet meluap. Pemerintah setempat telah menetapkan status Siaga.

"Sekarang kondisi Siaga. Sampai sekarang rumah terendam 93 rumah," ujar Kapolres Karawang AKBP Dicky Gading Pastika kepada detikcom, Kamis (21/4/2016).

Tingginya curah hujan telah menyebabkan banjir di beberapa titik di Karawang. Wilayah Karawang yang terkena banjir paling parah adalah Kampung Pangasinan RT 02/03, Desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat.

"Sementara tinggi air sekitar 30 cm hingga 60 cm dan kemungkinan akan terus naik sehubungan bendungan Cibeet meluap," kata Dicky.



Polres Karawang mem-back up BPBD Karawang untuk melakukan operasi SAR dan kemanusiaan untuk membantu korban banjir. Pemerintah telah mendirikan pos-pos penampungan dan kesehatan di kantor desa.

"Langkah yang dilakukan seperti evakuasi warga, pengamanan lokasi banjir, pemantauan ketinggian air, dan bantuan kesehatan," sebut Dicky. (tfq/nrl)