DetikNews
Sabtu 16 April 2016, 13:41 WIB

Ekspedisi Elang Nusantara

Menjamurnya Ruang Publik Digital di Medan

Jefris Santama - detikNews
Menjamurnya Ruang Publik Digital di Medan Foto: Jefris Santama/detikcom
Medan - Sebagai ibu kota provinsi, Medan adalah metropolisnya Sumatera Utara. Tak heran, pertumbuhannya cukup pesat. Minimal dari sisi dunia digital.

Ruang terbuka publik kini bukan sekadar tempat kongkow, tapi sudah dilengkapi dengan akses WiFi. Jumlahnya bejibun, seperti Taman Lapangan Merdeka Medan, Taman Ahmad Yani Medan, dan Warkop Jurnalis Medan. Ketiga lokasi itu berada di kawasan inti Kota Medan. Tempatnya sejuk, akses WiFi tinggal pilih gratis atau berbayar.

Foto: Jefris Santama/detikcom

Setiap hari, lokasi-lokasi itu selalu dikunjungi oleh warga Medan mulai dari siang hingga sore. Bahkan pada malam hari. Para pengunjung betah duduk berjam-jam karena mendapatkan service plus berupa akses internet.

Salah seorang pengunjung Taman Ahmad Yani Medan, Albert Damanik mengatakan dirinya hampir sering datang ke lokasi itu karena lokasinya yang tenang.

"Di sini tempatnya tenang dan nyaman. Dengan adanya fasilitas layanan internet ini, saya lebih mudah untuk browsing," ujar Albert, Sabtu (16/4/2016).

Foto: Jefris Santama/detikcom

Selain itu, hal senada juga diungkapkan pengunjung Warkop Jurnalis Medan, Bahana Situmorang. Hampir setiap hari ia datang ke warkop itu. Selain tempatnya yang nyaman, fasilitas layanan internet juga kencang.

"Ya saya sering nongkrong di sini. Selain browsing, saya juga bisa main game online. Kalau pesan makanan ataupun minuman pun cepat di sini," terangnya.

Medan merupakan salah kota yang dilintasi Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) Telkomsel, perjalanan selama sebulan dari Sabang dan Merauke sejauh 8.500 km. Dua drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,4 m diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia. Elang Barat memulai perjalanan dari Sabang, Kamis (14/4) kemarin dan akan menempuh beberapa kota di antaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur berangkat pada hari yang sama dari Merauke ke Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Foto: Jefris Santama/detikcom

Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.  

Di akhir perjalanan, pada pertengahan Mei, kedua drone akan bertemu dan mendarat di Denpasar. Ayo ikut Ekspedisi Elang Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia. Klik di sini.
(try/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed