ADVERTISEMENT

Jokowi akan Tingkatkan Kerja Sama Maritim dalam Kunjungan ke Eropa

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 15 Apr 2016 20:04 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta -
Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke empat negara pada pekan depan. Salah tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk meningkatkan kerja sama di bidang kemaritiman.

"Kita telah mencanangkan sebagai maritim sebagai hal yang menjadi prioritas pemerintah, nanti akan ada kerja sama maritim dengan beberapa negara," kata Seskab Pramono Anung dalam konferensi pers di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2016).

Keempat negara di Eropa yang akan dikunjungi Jokowi yakni Jerman, Inggris, Belgia, dan Belanda. Jokowi akan meninjau bagaimana pembangunan pelabuhan di Belanda.

"Presiden akan melakukan kunjungan lapangan," imbuh Wamenlu AM Fachir.

Selebihnya dalam kunjungan tersebut akan dilakukan peningkatan kerja sama perdagangan. Isu-isu politik terkini seperti Timur Tengah, terorisme dan lain sebagainya juga akan dibahas dalam berbagai pertemuan.

"Kunjungan yang akan dilakukan Bapak Presiden ini di empat negara plus Uni Eropa antara lain dengan tema yang sangat jelas, yaitu pertama memperkokoh kemitraan Indonesia dan Uni Eropa. Kedua menampilkan Indonesia sebagai negara yang terbuka sekaligus kompetitif. Ada hampir di semua negara Presiden akan melakukan pertemuan-pertemuan resmi dengan kepala negara atau kepala pemerintahan," ujar Wamenlu. (bpn/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT