DetikNews
Sabtu 09 April 2016, 13:26 WIB

#BulakFest2016, Ayo Ikut Makan Ikan Bareng Bu Risma!

Budi Sugiharto - detikNews
#BulakFest2016, Ayo Ikut Makan Ikan Bareng Bu Risma! Pengunjung #BulakFest2016 menyaksikan pameran foto 'Dollyferent'. (Budi Sugiharto/detikcom)
Surabaya - Puncak kegiatan #BulakFest2016 di Pesisir Bulak, Surabaya, digelar Minggu (10/4/2016). Wali Kota Tri Rismaharini akan makan ikan bersama warga serta memimpin langsung pengecatan rumah warga pesisir dengan cat aneka warna.

Permukiman warga nelayan di Desa Cumpat, Kecamatan Bulak, yang akan dicat itu berdekatan dengan lokasi calon taman yang dilengkapi patung Suro dan Boyo setinggi 25 Meter.

"Warga sudah siap. Bu Wali Risma akan memimpin pengecatan rumah warga seperti yang di Argentina," kata Camat Bulak Suprayitno kepada wartawan usai Lomba Senam Perwosi di Sentra Ikan Bulak (SIB), Sabtu (9/4/2016).

Risma, kata Suprayitno, memang serius untuk mengubah kampung nelayan di Bulak menjadi perkampungan yang menjadi jujugan wisatawan tanpa meninggalkan kearifan lokalnya.

"Infrastruktur jalan sudah dibenahi, taman bermain anak-anak sudah ada, sentra ikan juga sudah jadi. Ibu ingin kampung pesisir Bulak menjadi destinasi baru," katanya.

Event #BulakFest2016 digelar Kecamatan Bulak bekerja sama dengan komunitas #bicaraSurabaya sejak tanggal 3 April. Aneka lomba digelar untuk meramaikan kegiatan yang tanpa menggunakan dana APBD itu.

Dari 13 kegiatan #BulakFest2016 yang digelar di antaranya adalah lomba foto Instagram dengan tema Sunrise of Bulak, blogger blusukan Bulak, fashion show nelayan, senam parwosi, lomba rumah bersih, lomba perahu cantik, perahu mini khusus anak-anak.

"Selain ngecat bersama pada pagi hari, warga dan anggota beragam komunitas yang diundang atau datang akan diajak makan bersama Bu Risma menyantap ikan di Sentra Ikan Bulak lantai 2 pada siang hari," kata Camat Bulak.

Panitia #BulakFest2016 memang mengundang puluhan komunitas otomotif, fotografi, blogger, sepeda ontel serta Forum Komunikasi Hotel dan Media Jatim untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Wali Kota Risma memang menaruh harapan besar bagi warga Bulak untuk berubah untuk menyambut datanganya wisatawan maupun utusan perwakilan berbagai negara peserta UN Habitat.

Pedagang ikan asap yang masih jualan di tepi jalan di kawasan Kejawen diminta untuk menempati Sentra Ikan Bulak yang semua fasilitas penunjangnya cukup lengkap.

"Saya deadline satu bulan, pedagang di sini untuk masuk ke SIB. Jika tidak, saya akan boyong pedagang ikan di Pasar Pabean masuk sini," kata Risma saat pembukaan #BulakFest2016, Minggu (3/4/2016).

Selain aneka lomba, #BulakFest2016 juga diwarnai pameran foto 'DollyFerent' dan 'Sunrise of Bulak', bazar produk olahan ikan dan UMKM, serta 15 band yang akan manggung di tengah taman Bulak pada Minggu siang.
(ugik/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed