24 Orang Lolos Tes Tertulis Calon Anggota Kompolnas

Bisma Alief - detikNews
Rabu, 30 Mar 2016 12:19 WIB
Pansel calon anggota Kompolnas mengumumkan 24 orang yang lolos calon anggota Kompolnas (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Jakarta - 24 Orang termasuk mantan Kepala Densus 88 Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto lolos tes tertulis Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Mereka yang lolos akan mengikuti tes psikologi.

Pengumuman lolosnya 24 orang tersebut dilakukan di Gedung Kompolnas, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2016).

"24 Orang itu yakni 23 pria dan 1 wanita bernama Poengki Indarti," ujar Ketua Pansel Kompolnas Komjen Pol Purnawirawan Imam Sudjarwo didampingi anggota pansel Yenti Ganarsih, Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, Neta S Pane, dan Prof Romli Atmasasmita.

Menurut Imam, bahan pertimbangan lolosnya 24 orang tersebut yakni memiliki kemampuan dan kualitas yang sangat baik. Para anggota calon harus mengerti Kompolnas yang bisa membangun kepolisian yang lebih baik.

"Kita juga melihat ketokohan. Yang kita lihat standar tokoh nasional dari masyarakat. Yang berlatar kepolisian harus memiliki ilmu kepakaran dan paling tidak 15 tahun mengabdi di kepakarannya," kata Imam.

24 Orang yang lolos rinciannya 13 dari tokoh mayarakat dan 11 dari pakar kepolisian. 11 Dari pakar kepolisian rinciannya 8 purnawirawan dan 3 non purnawirawan. 3 Non Purnawirawan rinciannya akademisi dan pengamat kepolisian.

Mereka selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan fisik dan jiwa pada 4 dan 5 April di RS Bhayangkara, Kramat Jati, Jakarta Timur. Kemudian mengikuti tes wawancara pada 6-7 April di Hotel Grand Kemang. Tes ini terbuka untuk umum dan melibatkan semua anggota pansel yang berjumlah 9 orang.

Berikut 24 orang yang lolos:

1.  Andrea H. Poeloengan
2.  Andriyansyah
3.  Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto
4.  Benedictus Bambang Nurhadi
5.  Budi Widjaja Soetjipto
6.  Daniel Nawolo Baskoro
7.  Dede Farhan Aulawi
8.  Brigjen Pol (Purn) Dzainal Syarier
9.  Eddie Kusuma
10. Eki Baihaki
11. Gardi Gazarin
12. Irjen Pol (Purn) Herry Haryanto
13. Brigjen Pol (Purn) I Gusti Ketut Budiartha
14. Brigjen Pol (Purn) M. Nasser Amir
15. M. Taufik Yasak
16. Muhammad Khoirul Anwar
17. Nuruddin Lazuardi
18. Poengky Indarti
19. Brigjen Pol (Purn) Pranowo Dahlan
20. Riza Suarga
21. Irjen Pol (Purn) Sadar Sebayang
22. Wahyu Prijo Djatmiko
23. Irjen Pol (Purn) Yotje Mende
24. Yudi Hidayat

(nwy/nrl)