Rusuh Terjadi saat Razia Narkoba di Rutan Bengkulu, 5 Napi Tewas Terbakar

ADVERTISEMENT

Rusuh Terjadi saat Razia Narkoba di Rutan Bengkulu, 5 Napi Tewas Terbakar

Rini Friastuti - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2016 08:13 WIB
Ilustrasi Kebakaran (Foto: Thinkstock)
Bengkulu - Kerusuhan terjadi di Rutan Bengkulu saat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu melakukan penggeledahan. Kerusuhan tersebut menyebabkan seluruh blok hunian di rutan itu terbakar. Lima Orang napi meninggal dunia dalam kejadian itu.

"Jumat malam (25/3) sekitar pukul 20.30 WIB, BNNP melakukan penggeledahan di Rutan Bengkulu, namun terjadi perlawanan oleh tahanan dengan menjebol pintu hunian dan membakar seluruh blok hunian, kecuali blok wanita," ujar Kepala Biro Humas Hukum dan Kerjasama Kemenkum HAM, Effendi Perangin Angin, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Sabtu (26/3/2016).

Usai kejadian itu, pihak lapas langsung berkoordinasi dengan Polda dan Polres Bengkulu untuk melakukan langkah pengamanan. Sekitar pukul 22.45 WIB situasi akhirnya dapat dikendalikan.

"Jumlah penghuni 259 orang, baru dikendalikan 231 orang mengingat listrik dipadamkan. Pihak lapas segera mengambil langkah seluruh penghuni dipindahkan ke LP Kelas llA Bentiring," jelas Effendi.

Dari laporan terakhir yang diterima, 257 dari 259 orang tahanan berhasil dievakuasi ke LP Bengkulu di Bentiring.

"Isi rutan Bengkulu, tahananĀ  252 orang dievakuasi ke LP Bengkulu, satu orang dibawa ke RSU, satu orang dibon BNNP Bengkulu dan lima orang meninggal dunia akibat terbakar," tutupnya.

(rii/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT