ADVERTISEMENT

KPK Berharap Dukungan Pertamina untuk Penyelidikan Petral

Dhani Irawan - detikNews
Kamis, 24 Mar 2016 16:08 WIB
Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan bahwa penyelidikan kasus Petral terus berjalan. Dia pun meminta agar pihak Pertamina turut membantu proses penyelidikan yang dilakukan KPK.

"Petral masih jalan, masih kita teruskan. Tadi kita mohon ke Pak Dwi Soetjipto (Dirut Pertamina) agar pihak Pertamina yang dipanggil kita dibantu," ucap Agus di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2016). Agus memberi keterangan pada wartawan bersama Dwi.

Agus pun menyebut sudah banyak saksi yang dipanggil terkait kasus tersebut. Namun Agus tidak merinci siapa saja saksi yang dimaksudnya tersebut. "Pokoknya sudah banyaklah," kata Agus.

Penyelidikan kasus dugaan korupsi di lingkungan PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) masih terus dilakukan KPK. KPK memang telah menyatakan bahwa perkara ini telah masuk pada tahap penyelidikan.

Sebelumnya audit forensik terhadap Petral telah dilakukan yaitu meliputi keuangan periode 2012-2015. Audit itu dilakukan auditor independen, Kordamenta, di bawah supervisi Satuan Pengawas Internal Pertamina.

Terdapat tiga kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan terhadap Petral, yakni, kajian mendalam (due diligence) terhadap aspek keuangan dan pajak yang dilakukan kantor akuntan publik serta legal oleh kantor hukum dan wind-down process berupa inovasi kontrak, settlement utang piutang, dan pemindahan aset kepada Pertamina.

Pada hasil kajian, terdapat sejumlah temuan, di antaranya ketidakefisienan rantai suplai, berupa mahalnya harga crude dan produk yang dipengaruhi kebijakan Petral dalam proses pengadaan, pengaturan tender MIGAS, kelemahan pengendalian HPS, kebocoran informasi tender, dan pengaruh pihak eksternal. (dha/mad)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT