DetikNews
Kamis 24 Maret 2016, 10:23 WIB

Heli TNI Jatuh Di Poso

Kisah Haru Cinta, Cucu Kapenrem Tadulako yang Tewas di Insiden Heli

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kisah Haru Cinta, Cucu Kapenrem Tadulako yang Tewas di Insiden Heli Alm Faqih dan Cinta. (Foto: Dok. Keluarga)
Jakarta - Letkol Inf Anumerta Faqih Rasyid adalah salah satu korban tewas dalam jatuhnya helikopter TNI AD di Poso. Kesedihan sang cucu yang bernama Cinta karena kehilangan kakeknya membuat sejumlah pihak terharu.

Ibu Cinta, Lestari Alamanda menceritakan bahwa putrinya sangat dekat dengan ayahnya. Saking dekatnya, Cinta tidak memanggil Faqih dengan sebutan kakek melainkan bapak.

"Cinta saat bersama almarhum selalu diajak olahraga, jika bertemu dengan almarhum, cinta seakan lupa waktu dan tidak mau lepas," ungkap Lestari saat menerima santunan dari Asabri kemarin seperti tertulis dalam keterangan Kodam Jaya yang diterima detikcom, Kamis (24/3/2016).

Sementara itu ayah Cinta, Mayor Inf Hendra Mirza mengatakan, ketika anaknya itu lahir, Faqih lah yang mengadzani karena saat itu Hendra sedang menjalani pendidikan. Hendra pun juga bercerita, sudah tersirat tanda-tanda kepergian mertuanya itu dengan menunjukkan banyaknya penghargaan dari negara.

"Almarhum menyampaikan, 'nak jika Bapak sudah tidak ada, bapak dimakamkan di Taman Makam Bahagia'," jelas Hendra seperti tertulis dalam keterangan yang sama.

Faqih sendiri yang merupakan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Tadulako akhirnya dimakamkam di TMP Kalibata bersama 12 prajurit TNI lainnya yang menjadi korban tewas. Saat jenazah Faqih disemayamkan di Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma sebelum dimakamkan, ada pemanandangan memilukan.


Alm Faqih bersama cucu-cucunya. (Foto: Dok. Keluarga)

Cinta dengan sedih mencium foto Faqih yang dipajang di lokasi persemayaman tersebut. Momen tersebut diabadikan dalam sebuah jepretan kamera dan tersebar di media sosial. Gambar Cinta yang mencium foto kakeknya menjadi sebuah viral dan membuat banyak pihak terharu.

Saat insiden jatuhnya heli terjadi, Cinta sedang dirawat di rumah sakit. Faqih yang yang meyanyangi cucunya itu, sebelumnya tak henti-hentinya menanyakan kabar Cinta.

"Cinta selalu mencium foto almarhum dan saat di pemakaman pun, Cinta terus menatap foto almarhum," tutup Hendra.
(elz/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed