Tanggapi Kasus Zaskia Gotik, Ketua MPR: Sangat Menyedihkan

Sukma Indah Permana - detikNews
Jumat, 18 Mar 2016 16:55 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan di Yogyakarta, Jumat (18/3/2016). Foto: Sukma Indah Permana/detikcom
Yogyakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan (MPR) menyesalkan kasus dugaan penghinaan lambang negara yang diduga dilakukan penyanyi dangdut Zaskia Shinta alias Zaskia Gotik. Zulkifli menganggap Zaskia belum memahami betul Empat Pilar Kebangsaan.

"Hal demikian, tentu sangat menyedihkan," ujar Zulkifli di hadapan 150 blogger di Hotel Eastparc, Yogyakarta, Jumat (18/3/2016).

Zulkifli berharap masyarakat terlibat aktif dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Menurutnya, sosialisasi tidak hanya ditumpukan kepada MPR namun menjadi tanggung jawab bersama.

"Mustahil kalau semua dibebankan kepada MPR," imbuhnya.

Memang sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan sambung Zulkifli belum dilakukan secara masif saat pemerintahan Orde Baru. Apalagi topik soal kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika masih sangat minim dibahas.

Karena itu, para blogger diharapkan ikut terlibat membangun kesadaran kebangsaan melalui tulisan mereka.

"Untuk itu, dengan bertemu para blogger, bisa ikut mensosialisasikan apa yang selama ini disosialisasikan oleh MPR," kata Zulkifli.

Diberitakan sebelumnya, polisi tengah menyelidiki dugaan penghinaan lambang negara yang dilakukan Zaskia Gotik yang punya nama asli Surkianih. Zaskia diduga melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

Peristiwa ini terjadi saat Zaskia tampil dalam sebuah program di salah satu stasiun TV swasta pada Selasa (15/3) lalu. Dalam tayangan tersebut, Zaskia bersama beberapa artis lainnya terlibat kuis dengan beberapa pertanyaan seputar kebangsaan.

Pertama, penyanyi dangdut ini ditanya tanggal Hari Kemerdekaan RI, yang dijawabnya tanggal 32 Agustus. Zaski kembali mengulang jawaban salah saat ditanya simbol sila ke-5 Pancasila yang seharusnya padi dan Kapas. Zaskia saat itu menjawab 'bebek nungging'. Atas peristiwa ini, Zaskia sudah menyampaikan permohonan maaf.


(sip/fdn)