Labora Sitorus Sendirian di Sel dan Dijaga 2 Sipir Selama 24 Jam

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 14 Mar 2016 17:45 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Labora Sitorus sudah seminggu mendekam di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cipinang. Pada Senin (7/3) lalu dirinya dipindahkan dari Sorong. Di Lapas Cipinang, Labora mendapatkan penjagaan ketat.

Sebagaimana diketahui, Labora ditempatkan dalam sel isolasi yang hanya diperuntukkan oleh satu orang. Ia ditempatkan dalam blok sel khusus A109.

"Terkait Labora Sitorus, kita buat tim khusus. Mereka ditugaskan 24 jam shift, sebanyak 10 anggota. Sekali jaga, dilakukan oleh 2 orang," tutur Kepala Lapas Cipinang Edi Kurniadi di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Senin (14/3/2016).

Edi Kurniadi melanjutkan selama 2 minggu, Labora juga tidak diberikan izin kunjungan oleh keluarga atau yang lainnya. Selain penerapan tindakan pengamanan dan perlakuan, petugas juga melakukan pemeriksaan secara khusus.

Di lokasi yang sama, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Dahlan Pasaribu mengatakan, penanganan terhadap Labora Sitorus tetap dilakukan dengan baik.

"Pada saat beliau datang, pendekatan yang kita lakukan bukan kekuasaan atau atribut. Tapi kita sambut dia dengan senyum, suka cita," ujar Dahlan Pasaribu.

Hasilnya, lanjut Dahlan, ketika Labora dan keluarganya datang, mereka terlihat terenyuh. Hal ini dimaksudkan agar Labora juga ikut bersikap secara kooperatif.

"Beliau juga mengikuti segala proses kesehatan. Kemudian kita sampaikan kewajiban dan hak beliau di Lapas Cipinang. Beliau sangat menerima apa yang disampaikan," tutur Dahlan.

"Kita akan selalu terus menerus menyambangi beliau agar beliau merasa nyaman selama di lapas," tambah Dahlan.

Kalapas Cipinang menambahkan bahwa saat ini kondisi Labora dalam keadaan sehat dan kondisi lainnya masih kondusif. (asp/asp)