Dubes RI Bangkitkan Minat Riset Inggris terhadap Indonesia

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2016 20:31 WIB
Foto: Dok. KBRI London
Jakarta - Meski baru menjabat, Dubes RI untuk Inggris Dr. Rizal Sukma membuat kalangan akademisi di Inggris antusias untuk mengadakan riset di Indonesia. Rizal menyebut Indonesia mengalami perubahan ke arah yang lebih kuat.

"Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk mengenal dan memahami Indonesia selain saat ini karena perubahan dan pembenahan ke arah Indonesia yang lebih kuat dan maju tengah bergulir." ucap Rizal Sukma, di hadapan sekitar  400 mahasiswa dan akademisi Inggris dan Indonesia dari berbagai kota di Inggris pada acara Warwick Indonesia Forum (WIF) di Universitas Warwick, Sabtu (12/3/2016).

Besarnya animo dan minat peserta terhadap berbagai isu tentang Indonesia tercermin jelas dari padatnya ruang auditorium di Sabtu pagi pukul 09.00. Hal yang tidak sering terlihat dari berbagai kegiatan seminar akademis bertemakan hubungan internasional, terlebih pada hari Sabtu pagi dan bertempat di kampus dengan akses transportasi publik yang agak terbatas.

Vice Chancellor Universitas Warwick, Prof. Jan Palmowski, sebagai mitra penyelenggara sangat terkejut dengan besarnya jumah peserta WIF dan oleh karenanya dirinya kian yakin akan keputusan Universitas Warwick menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas untuk mengembangkan kerja sama.

Selain memberikan paparan mengenai kebijakan luar negeri Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo dan perkembangan hubungan Indonesia – Inggris, Dubes Rizal Sukma bersama pihak Universitas Warwick juga meresmikan Indonesia – UK Scholars Network (IUKSN) dan Rekam Riset Anak Bangsa sebagai wahana penting untuk menghimpun berbagai masukan/riset tentang Indonesia di berbagai bidang.

Di sela-sela WIF, Dubes Rizal Sukma juga bertemu dengan Chairman of Warwick Manufacturing Group (WMG), Lord Bhattacharyya, guna menjajaki peluang kerja sama. WMG adalah unit riset Univeritas Warwick dan mitra riset utama kendaraan  mewah Inggris Jaguar dan Land Rover.

(miq/miq)