H-1 Gerhana Matahari Total di Indonesia

Dipapah Tongkat, Nuzulul Tetap Semangat Lihat GMT Bersama Laskar Gerhana di Ternate

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 08 Mar 2016 10:45 WIB
Nuzulul Arifin (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Ternate - Peristiwa gerhana matahari total di Indonesia sudah di depan mata. Para pemburu gerhana bersiap menyaksikan dan mengabadikan momen langka ini, tak terkecuali Laksar Gerhana detikcom yang sudah tiba di Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 besok.

Nuzulul Arifin, salah satu peserta Laskar Gerhana detikcom tetap semangat mengikuti wisata gerhana. Nuzulul sempat mengalami kecelakaan, berjalan pun harus dibantu dengan tongkat. Namun dia antusias dan berkomitmen untuk ikut menyaksikan gerhana matahari total di Ternate.

"Saya sudah komit dan niat karena satu-satunya yang mengajak blogger dan netizen menonton gerhana matahari total ya baru detikcom. Dengan jumlah total peserta memang banyak dan dua tujuan utama," kata Nuzulul Arifin.

Pria yang akrab disapa Mas Nuz ini menuturkan dirinya aktif di blog detik. Dari iseng hobbynya menulis sekarang menjadi kegiatan yang digemarinya.

"Paling berkesan menulis di blog detik, karena dapat hadiah pertama kali ya gara-gara ngeblog di detik. Termotivasi dan semangat ngeblog, saya akhirnya resign dari pekerjaan dan sekarang fokus ngeblog. Pekerjaan saya sekarang jalan-jalan dan makan," sambungnya.

Willy Bundianto, peserta Laskar Gerhana lainnya mengaku senang bisa terpilih dalam program wisata gerhana. Willy terpilih setelah mengikuti hidden quiz soal gerhana di detikcom.

"Saya menang dari jawab hidden quiznya detikcom. Jawaban saya bener semua dong kan sering baca detik," kata Willy kepada detikcom di Ternate, Selasa (8/2/2016).

Peserta Laskar Gerhana detikcom datang dari berbagai daerah. Di antara mereka ada yang berasal dari Medan, Cilacap, Surabaya, Bogor, Depok dan Jakarta. Para peserta merupakan pemenang yang diseleksi dari kontes blog, foto di Instagram dan video di laman Facebook, serta hidden quiz di artikel.

 Laskar gerhana detikcom (Foto:Aditya/detikcom)


Salah satu pemenang dari kontes blog, Dito Kartiko, menceritakan pengalaman menonton gerhana matahari tahun 1995 pakai baskom. Dalam tulisannya itu dia juga mencantumkan tips untuk menonton gerhana.

"Awalnya nulis karena diajak temen, iseng kalau ternyata menang itu bonus. Temen saya juga menang lomba," kata Dito.

Gerhana Matahari akan melintas di Ternate pukul 08.36 WIT. Pemburu gerhana matahari dapat menikmati pemandangan unik ini sekitar 2 menit. Peserta akan diajak menyaksikan gerhana dari atas kapal KN 01 Singa Laut milik Bakamla dan berwisata menikmati keindahan alam Ternate.

Menyaksikan gerhana matahari total dan parsial pada 9 Maret 2016? Kirim foto jepretan Anda ke ke redaksi@detik.com disertai nama dan nomor kontak atau ke pasangmata.com. (slh/slh)