Eks Menkes Siti Fadilah Diperiksa KPK untuk Kasus Korupsi Alkes Unair

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Senin, 07 Mar 2016 17:37 WIB
Eks Menkes Siti Fadilah Supari (Foto: Hasan Al Habshy/detikFoto)
Jakarta - Eks Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus korupsi pengadaan Alkes di Universitas Airlangga. Siti diperiksa selama 3 jam.

"Saya sebagai saksi kasusnya pada waktu Bu Endang jadi menteri jadi saya sudah tidak jadi menteri lagi. Karena Bu Endang sudah meninggal maka untuk mereka membutuhkan keterangan-keterangan, kalau andaikan masih ada Bu Endang," kata Siti di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/3/2016).

Siti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Mintarsih yang merupakan direktur marketing PT Anugrah Nusantara yang tak lain perusahaan milik M Nazaruddin. Eks Menkes itu mengaku tidak tahu menahu terkait kasus yang tengah disidik KPK.

"Aku gak tau, wong itu proyeknya Bu Endang, hanya ditanya tugas-tugas menteri itu apa. Itu kan tahun 2010, bukan tahun saya jadi menteri, tidak tahu dong," jelasnya.

Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, menyatakan bahwa Siti Fadilah Supari sedianya diperiksa pekan lalu. Namun, Siti meminta agar pemeriksaan dijadwal ulang hari ini.

"Tadi bu Siti Fadilah telah hadir untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan dugaan Tipikor pengadaan alkes RS Unair tahap I dan tahap II thun anggaran 2010 untuk tersangka MIN. Ini merupakan penjadwalan ulang setelah sebelumnya tanggal 2 Maret yang bersangkutan telah dipanggil namun menyatakan tidak dapat hadir dan dijadwdal ulang pada hari ini," tutur Priharsa. (Hbb/hri)