Labora Ditahan di Sel Isolasi LP Cipinang, Dirjen PAS: Kita Sudah Pengalaman

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Senin, 07 Mar 2016 17:32 WIB
Labora Sitorus saat diperiksa petugas LP Cipinang (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kerap melarikan diri saat masih ditahan di Lapas Sorong membuat Kemenkum HAM memperketat pengamanan terpidana Labora Sitorus di LP Cipinang. Ia ditempatkan di sel khusus yakni sel isolasi.

"Sudah kami tempatkan di blok sel khusus A109. Di sini memang ada sel untuk satu orang, namanya untuk isolasi," kata Dirjen PAS Kemenkum HAM I Wayan Kusmiantha Dusak pada wartawan di LP Cipinang, Jl Raya Bekasi Timur, Jatonegara, Jakarta Timur, Senin (7/3/2016).

Ia menjelaskan penempatan Labora di sel khusus bukan untuk mengistimewakan mantan perwira polisi tersebut. Namun,  karena pengalaman Labora yang berhasil kabur dari penjara saat masih ditahan di Sorong. Tak ingin kejadian serupa terjadi, peningkatan pengamanan pun ditingkatkan.

"Itu sel khusus, bukan berarti istimewa. Kan dia sudah lari. Itu kita evaluasi keamanannya. Kita tidak tahu dia di dalam seperti apa," ucapnya.

Belajar dari seringnya Labora kabur dengan izin sakit, maka di LP Cipinang ia tak akan diberi izin untuk keluar meski hanya ke rumah sakit. Wayan mengatakan sel tersebut memang belum dilengkapi CCTV, namun ia sudah memberikan pengarahan ke petugas LP agar berhati-hati dan tidak mudah terpengaruh.

"Jangan terpengaruh apa pun itu. Itu tidak hanya Labora, tapi semua tahanan karena satu dikasih, yang lain ikut-ikutan," ucapnya.

Apakah ini menjamin Labora tidak akan lolos?

"Kita sudah berpengalaman kemarin. Kita harus hati-hati lagi," tegas Wayan. (mnb/nwk)