Heboh Ribuan Skripsi Dibuang

UGM: Karya Ilmiah Adalah Kekayaan Kami, Tidak Mungkin Dibuang

Sukma Indah Permana - detikNews
Kamis, 03 Mar 2016 14:42 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Sleman - Media sosial diramaikan oleh foto tumpukan karya ilmiah, skripsi dan tesis yang akan dimusnahkan di Makassar. Lalu seperti apa perlakuan karya ilmiah di universitas lainnya?

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki prinsip berbeda. Bagi UGM, karya ilmiah baik dalam bentuk skripsi maupun tesis merupakan harta kekayaan kampus yang tidak akan dimusnahkan.

"Tidak akan kami buang, tidak pernah dibuang. Karena itu hak intelektual mahasiswa dan aset harta kekayaan UGM," ujar Kepala Humas dan Protokoler UGM Iva Ariani.

Hal ini disampaikan Iva kepada detikcom, Kamis (3/3/2016). Bagi mahasiswa UGM yang sedang mengurus syarat wisuda diharusnya mengumpulkan skripsi atau tesisnya dalam bentuk fisik dan soft file.

Skripsi dibuang di UIN Alauddin Makassar (Foto: Facebook)

Menurut Iva, sebagai perguruan tinggi karya ilmiah dan intelektual menjadi kekayaan yang sudah seharusnya dijaga keberadaannya.

"Yang disimpan di perpustakaan pusat (UGM) yang softfile. Yang fisik disimpan di masing-masing prodi," imbuhnya.

Bagi siapapun yang ingin mengakses, bisa mendatangi perpustakaaan pusat UGM dan harus memiliki password portal UGM. Meski begitu, karya ilmiah tidak boleh sembarangan didownload.

"Kalau mau download harus seizin pemiliknya," kata Iva. (sip/trw)