Hoax or Not

Pesan Berantai Soal Foto Jembatan Soekarno-Hatta di Malang yang Melengkung

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 03 Mar 2016 13:59 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom
Malang -

Isu:

Foto jembatan di Jl Soekarno-Hatta, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, yang melengkung beredar secara viral di media sosial sejak Rabu (2/3) kemarin. Foto yang diunggah oleh salah satu pengguna internet itu menjadi viral dan membuat heboh.

Dalam foto tersebut ditulis keterangan bahwa jembatan yang biasa disebut jembatan Soehat itu melengkung dan membahayakan. Jembatan yang dibangun di atas Sungai Brantas itu diambil dari sudut pandang atas. Terdapat tulisan "Jembatan Soekarno-Hatta Jalan Protokol ke Unibraw melengkung".

Benarkah jembatan Soehat melengkung?

Investigasi:

detikcom mendatangi jembatan Soehat Kamis (3/3/2016). Pantauan di lapangan, konstruksi jembatan berkonsep rangka baja yang berdiri di atas Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas itu masih terlihat kokoh.

Arus kendaraan juga terlihat padat sepertinya biasanya. Fahruhrozi (40), warga berada dekat lokasi mengatakan kondisi jembatan baik-baik saja. Seperti biasanya, bila berjalan kaki di atasnya getaran atau goyangan bisa dirasakan karena sifat jembatan dibangun elastis.

"Tidak ada apa-apa, memang kalau jalan kaki bisa dirasakan getarannya. Katanya memang dibuat begitu," ungkap Fahruhrozi ditemui di lokasi.

detikcom juga mengkonfirmasi hal ini ke Pemerintah Kota Malang. Pemkot memastikan kabar jembatan Suhat melengkung hoax dan itu adalah rekayasa kamera atau hasil editan.

"Sudah kami komparasi bersama Dinas Kominfo dan bisa dipastikan itu tidak benar, atau lebih kepada rekayasa fotografi," jelas Kabag Humas Pemkot Malang Nurwidianto kepada detik.com.

Pemkot Malang juga secara khusus menerjunkan tim untuk menganalisa keaslian foto dan melakukan pengecekan lapangan terhadap kondisi jembatan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu . "Kami juga koordinasikan dengan Pemprov Jatim," tambahnya.

Selain itu, lanjut Nurwidianto, usia jembatan juga mewajibkan pihak-pihak terkait untuk rutin melakukan pengecekan. Hal ini agar jembatan menghubungkan Jalan Soekarno-Hatta dengan kampus Universitas Brawijaya serta Jalan MT Haryono tetap bisa dinyatakan aman bagi pengguna jalan.

"Terus kita pantau bersama Pemprov Jatim," ulangnya.

Kesimpulan:

Foto ilustrasi oleh Mira Purnomo/detikcom


Foto jembatan Soekarno-Hatta (Suhat) di Malang yang melengkung adalah tidak benar atau hoax. (slh/nrl)