detikNews
Senin 29 Februari 2016, 14:20 WIB

Ini Manfaat KTP Anak Menurut Mendagri

Hardani Triyoga - detikNews
Ini Manfaat KTP Anak Menurut Mendagri Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memaparkan keunggulan program Kartu Identitas Anak (KIA). Tjahjo menyebut keunggulan KIA ini bisa menjadi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bila anak yang bersangkutan sudah berusia 17 tahun.

"Kan di samping kartu pelajar, dia punya kartu identitas. Otomatis nanti kalau dia sudah berusia 17 tahun otomatis itu menjadi KTP karena nomornya tidak mungkin diganti," ujar Tjahjo di gedung K2, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Kepemilikan KIA ini sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016. Fungsi kartu ini sebagai kartu pelajar. Menurut Tjahjo, keunggulan KIA ini misalnya bisa membuka rekening tabungan di bank. Begitupun kalau ke luar negeri, KIA bisa digunakan untuk mengurus paspor.

"Untuk anak SMP misalnya. Punya KTP kan punya rekening di bank. Kalau menabung, ya yidak harus pakai KTP orangtua. Jadi, dia bisa menabung. Ya bisa ngurus apa-apalah," tuturnya.

"Kalau dia harus ke luar negeri misalnya ngurus paspor yang di bawah dapat kartu sehat, kartu pintar," katanya.

Kemudian, Tjahjo mengatakan tahun ini Kemendagri sudah melakukan persiapan di 50 kota dalam program ini. Lalu, ada 10 daerah tingkat kabupaten/kota yang sudah siap mendata identitas anak dalam program KIA ini.

"Harus diingat kami mengadopsi 10 daerah tingkat II yang sebelumnya sudah punya inisiatif anak itu di data identitasnya. Ini kami buat supaya seragam ya kami keluarkan peraturan supaya ini bisa berskala nasional," tuturnya.


(hty/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com