DetikNews
Rabu 24 Februari 2016, 17:54 WIB

Paskhas TNI AU Latihan Gabungan dengan Pasukan Elite AS di Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Paskhas TNI AU Latihan Gabungan dengan Pasukan Elite AS di Pekanbaru Foto: dok. Paskhas TNI AU
Pekanbaru - Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU melakukan latihan gabungan bersama pasukan elit angkatan darat AS. Latihan penanggulangan teror ini digelar Markas Batalyon Komando (Yonko)  Paskhas 462 Pekanbaru.

Demikian disampaikan Komandan Paskhas 462, Letkol (Pas) Solihin dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (24/2/2016). Solihin menjelaskan, latihan bersama ini terhitung sejak 22 Februari dan akan berakhir pada 7 Maret 2016. Pasukan elit angkatan darat Amerika  berjumlah 13 personel dari kesatuan "United States Special Operation Command Pacific" atau US-SOCPAC.

"Latihan bersama ini untuk saling bertukar pengalaman serta menjalin hubungan bila teral khususnya bidang keamanan," kata Solihin.

Latihan bersama ini, lanjutnya, difokuskan pada latihan kemampuan khusus penanggulangan teror. Termasuk latihan menembak, perang hutan, sniper, pembebasan sandera.

"Ini untuk meningkatkan kemampuan khusus  kedua belah pihak. Dari Paskhas 25 personel tim khusus yang ikut dalam latihan bersama ini," kata Solihin.

dok. Paskhas TNI AU

Tempat latihan, selain berada di Yonko Paskhas 462 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, juga dilakukan di Kecamatan Siabu, Kab Kampar. Untuk di Siabu, latihan ini pada materi perang hutan. Sedangkan untuk latihan terjun payung, di gelar di Pasir Putih. Untuk latihan pembebasan sandera di Hotel Labersa di Kab Kampar.

Lebih lanjut, dirinya berharap dari kegiatan tersebut nantinya jajaran dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dari pasukan elite angkatan darat Amerika yang dikenal dengan sebutan "green baret" itu.

"Kita berharap kedua pasukan khusus ini bisa saling bertukar pengalaman yang akan mengasah kemampuan," tutup Solihin.
(cha/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed