detikNews
Rabu 17 Februari 2016, 16:31 WIB

Hoax Or Not

Foto 'Tol Laut' Banjir di Gerbang Tol Pluit 3

Salmah Muslimah - detikNews
Foto Tol Laut Banjir di Gerbang Tol Pluit 3 Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -
Isu:

Banjir yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya beberapa hari belakangan sempat membuat sejumlah ruas tol digenangi air. Misalnya saja Tol Cikampek KM 34 arah Jakarta dan kawasan Cikunir.

Namun yang sedang ramai di media sosial adalah foto banjir di Tol Pluit 3. Air berwarna cokelat setinggi 15-20 cm menggenang di gerbang tol tersebut. Foto itu bahkan dijadikan meme untuk mengkritik program Tol Laut Presiden Jokowi. Sebagian ada yang menggunakannya untuk menyindir program tersebut dan diartikan secara harfiah sebagai banjir di tengah jalan tol.

Foto-foto itu sempat beredar pada awal tahun 2015. Lalu kini beredar lagi. Tokoh-tokoh ternama seperti Fahira Idris juga ikut memajangnya di akun twitter. Dia hanya menuliskan caption: ampunn.

Apakah betul ada banjir di Tol Pluit di Februari 2016 ini?

Investigasi:

detikcom menelusuri foto yang disebut terjadi pada Februari 2016 ini. Hasilnya, foto tersebut memang foto banjir di gerbang Tol Pluit 3, hanya saja bukan tahun ini tetapi banjir 16 Januari 2013 lalu.

Foto tersebut juga sempat ramai dan menjadi viral di media sosial pada Januari 2015 lalu. Disebut banjir di Tol Pluit 3 itu merupakan sindirian Tol Laut program Presiden Jokowi.

Petugas Call Center Jasa Marga, Mutia, yang dihubungi detikcom juga memastikan tidak ada tol di kawasan Pluit yang banjir akibat hujan deras yang mengguyur akhir-akhir ini. Kalaupun ada itu adalah genangan di Tol Cikampek KM 34 arah Jakarta pada Sabtu (13/2/2016) kemarin, bukan di Tol Pluit 3.

"Untuk hari ini dan bebeberapa hari lalu tidak ada info banjir di Tol Pluit. Begitupun selama Februari ini tidak ada banjir di Tol Pluit," jelas Mutia.

Foto itu berasal dari kiriman salah seorang pengguna akun twitter yang memention ke salah satu akun radio berita. Foto itu kemudian diretweet oleh akun twitter TMC Polda Metro Jaya.


Kesimpulan:

Foto yang menggambarkan Tol Pluit 3 banjir memang benar, tetapi bukan kejadian tahun ini. Foto tersebut merupakan banjir yang terjadi pada tahun 2013 lalu. Sehingga kabar dan foto banjir di Tol Pluit karena hujan deras pada Februari 2016 ini adalah hoax.


Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom


Jika Anda punya kabar yang belum pasti kebenarannya dan ramai menjadi pembicaraan publik, bisa kirimkan isu tersebut di sini.
(slm/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed