Mendagri: Begitu Gubernur Dilantik, Tak Ada Embel-embel Partai!

Jurig Lembur - detikNews
Jumat, 12 Feb 2016 19:04 WIB
Foto: Bagus PN/detikcom
Jakarta - Sebanyak 7 gubernur dan wakil gubernur dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa setiap gubernur harus bekerja profesional, tanpa melihat asal usul parpolnya.

"Begitu dilantik, tidak ada embel-embel partai. Dia dipilih oleh masyarakat, walaupun dia diusung oleh partai ataupun independen. Begitu dilantik presiden, satu komando. Karena poros pemerintah ya mulai Presiden, menteri, dirjen, gubernur, bupati, wali kota sampai kepala desa," kata Tjahjo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Tjahjo mengatakan, gubernur adalah perwakilan presiden di daerah, atau disebut Tjahjo 'tangan kanan Presiden'. Tugasnya yaitu untuk membangun tata kelola hubungan pemerintah pusat dan daerah, mempercepat reformasi birokrasi dan memperkuat otonomi daerah.

"Saya kira tiap gubernur, bupati, wali kota, hukumnya wajib melaksanakan tiap keputusan politik pembangunan pemerintah pusat. Di samping, gubernur, bupati, wali kota punya janji kampanye di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan panjang," paparnya.

Soal kewenangan gubernur yang tidak langsung menyentuh masyarakat dibandingkan bupati dan walikota, Tjahjo menyebut tak perlu khawatir. Lantaran sudah ada pembagian tugas dan wewenang antara kepala daerah dalam praktik otonomi daerah.

"Itu sudah dipilah-pilah dan akan dijabarkan dalam 19 peraturan pemerintah yang ada, misal mengenai pertambangan, kelautan, itu ditangani pusat," ucapnya.

(miq/Hbb)