Ini Aspek yang Dilihat Selama Investigasi Penyebab Jatuhnya Super Tucano

Baban Gandapurnama - detikNews
Kamis, 11 Feb 2016 18:49 WIB
Proses evakuasi puing pesawat pada Rabu kemarin (Foto: M Aminudin/detikcom)
Bandung - Empat orang meninggal akibat pesawat Super Tucano buatan Brasil milik TNI AU jatuh di Malang. Tim investigasi masih bekerja guna mengungkap penyebab jatuhnya pesawat latih tersebut. Sejumlah aspek perlu diselisik sehingga hasil investigasinya butuh waktu yang tidak bisa ditentukan dan diprediksi.

"Enggak bisa ditentukan (kapan investigasi selesai), karena banyak aspek yang harus dilihat. Aspek yang diselidiki itu seperti aspek manusianya, manajemennya, alatnya dan banyak lainnya," ucap Kapuspen TNI Mayjen Tatang Sulaiman menghadiri acara kunjungan media dari Kemenkopolhukam ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/2/2016).


TNI AU sudah membentuk tim investigasi guna menguak penyebab pasti insiden jatuhnya pesawat yang menimpa rumah warga di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Kejadian tersebut mengakibatkan empat orang meninggal terdiri Mayor Pnb Ivy Safatila (pilot), Serma Syaiful Arief Rakhman (teknisi), Ermawatiningtyas (warga) dan Nurkholis (warga).

Pemerintah meminta semua pihak tidak berspekulasi berkaitan kejadian tersebut. "Ini proses (investigasi) lama, maka ikuti saja," ucap Tatang singkat. (bbn/try)