DetikNews
Minggu 07 Februari 2016, 18:11 WIB

Stamina Harus Tetap Dijaga, ini Menu Makanan Para Pelaut di Kapal Bakamla

Dhani Irawan - detikNews
Stamina Harus Tetap Dijaga, ini Menu Makanan Para Pelaut di Kapal Bakamla Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Masih ingat tayangan kartun Popeye si Pelaut? Dengan lengan yang kekar, Popeye mampu memiliki kekuatan untuk menghajar musuhnya si Brutus. Popeye pun rutin mengonsumsi bayam sebagai sumber kekuatannya.

Lalu apakah para pelaut Indonesia juga gemar mengonsumsi bayam agar kuat seperti Popeye? Ternyata tidak juga, seperti saat detikcom ikut berlayar bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) dengan Kapal Negara (KN) 4801 Bintang Laut dari Rabu (3/2) hingga Jumat (5/2). Menu makanan yang disediakan di atas laut ternyata tidak berbeda jauh dengan apa yang dikonsumsi sehari-hari.

Menu makanan di Kapal Bintang Laut dalam operasi Bakamla. Foto: Dhani Irawan/detikcom


Personel Bakamla sendiri memang tidak seluruhnya dari militer tetapi ada pula yang dari sipil. Deputi Operasi dan Latihan Bakamla Laksamana Pertama Maritim Wuspo Lukito saat memberikan pengarahan sebelum operasi mengatakan agar stamina personel selalu dijaga dan jangan takut mabuk laut.

"Kalau mabuk lalu muntah tidak apa-apa asal jangan terus tidur. Mabuk lalu muntah, kumur-kumur lalu makan lagi berkegiatan lagi, kalau mabuk lagi muntah lagi, kumur-kumur, makan lagi lalu berkegiatan lagi," kata Wuspo di Batam, Rabu (3/2/2016).

Pun yang disampaikan oleh Palaksa KN 4801 Kapten Maritim Mangampu Tua S kepada detikcom. Ketika tengah berlayar di laut, jangan biarkan perut kosong tanpa diisi makanan.

"Sudah makan belum? Ayo makan dulu, abis ini ada ombak jadi jangan sampai perut kosong," ucap pria yang karib disapa Bang Bella tersebut.

Menu makanan di Kapal Bintang Laut dalam operasi Bakamla/Foto: Dhani Irawan/detikcom


Saat berada di kapal, jadwal makan pun rutin yaitu 3 kali sehari. Menunya pun bermacam-macam dan tidak membosankan.

Setiap kali makan, menu yang tersaji terdiri dari 2 yaitu lauk dan sayur. Lauknya pun selalu berbeda baik untuk makan pagi, makan siang atau makan malam.

Saat detikcom ikut berlayar selama 3 hari, menu lauk yang disajikan seperti tempe, tahu bakso, daging sapi dan sosis. Sementara untuk sayurannya seperti tumis kangkung dan sayur kentang.

Meskipun bervariasi, para personel Bakamla ada kalanya merasa bosan. Untuk mengobati rasa bosan, terkadang para personel memilih makan di darat ketika kapal merapat ke dermaga.

Menu makanan di Kapal Bintang Laut dalam operasi Bakamla/Foto: Dhani Irawan-detikcom




(dhn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed