ADVERTISEMENT

6 Klinik Chiropractic yang Dibuka Kakak-Beradik WN Australia Disegel

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 28 Jan 2016 14:45 WIB
Polisi Tahan 2 WN Australia Terkait Kasus Chiropractic (Foto: Rengga Sancaya/detikFoto)
Jakarta - Satgas gabungan menyegel 6 klinik Chiropractic Indonesia yang dibuka kakak-beradik WN Australia, Anthony Kingsley Dawson dan Thomas Prestley Dawson. Keenam klinik tersebut disegel karena tidak memiliki izin praktik.

"6 Lokasi tersebut saat ini sudah disegel dan terhadap kedua pelakunya saat ini sudah ditangkap dan sedang dalam proses pidana," ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti.

Pernyataan tersebut diungkapkan Krishna dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/1/2016). Di lokasi juga hadir Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dr Koesmedi Priharto, SpOT, M.Kes dan Kabid Wasdakim Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Toto Suryanto, S.Sos.

Polisi Tahan 2 WN Australia Terkait Kasus Chiropractic (Rengga Sancaya/detikFoto)

Keenam klinik Chiropractic Indonesia itu lokasinya 5 di Jakarta dan 1 di Bali. Lima cabang Klinik Chiropractic Indonesia di Jakarta yakni berlokasi di Dharmawangsa, Pacific Place, Ruko Permata Senayan, Gandaria dan Lotte Shopping Evenue.

Sementara itu, Krishna mengatakan, Antony dan Thomas setidaknya melanggar antara lain: Pasal 77 dan 78 UU RI No 29/2004 tentang Praktik Kedokteran, Pasal 185 dan Pasal 42 ayat (1) dan (2) UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan dan Pasal 191 UU No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Polisi Tahan 2 WN Australia Terkait Kasus Chiropractic (Foto: Rengga Sancaya/detikFoto)

"Pelaku atas nama Antony Dawson adalah sebagai orang yang bertanggung jawab dan memiliki klinik tersebut dan Thomas Dawson yang bertindak praktik seolah-olah dokter di beberapa klinik Chiropractic," jelasnya.

Polisi Tahan 2 WN Australia Terkait Kasus Chiropractic (Foto: Rengga Sancaya/detikFoto)

Krishna mengingatkan, satgas akan melakukan penindakan terhadap klinik-klinik ilegal yang masih membandel.

(Baca juga: Polda Metro Tahan 2 WN Australia Terkait Praktik Ilegal Chiropractic)

"Maka mereka yang masih buka kami sampaikan di sini jangan coba-coba membuka praktik kesehatan ilegal dan akan terus diitensifkan kegiatan penindakan oleh satgas gabungan," tutupnya. (mei/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT