Bertemu Ahok di Balai Kota, Teman Ahok Ditantang Kumpulkan Sejuta KTP

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 25 Jan 2016 15:24 WIB
Teman Ahok (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Para penggawa Teman Ahok kelompok pengumpul dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) untuk Pilgub DKI 2017, bertemu Ahok di Balai Kota. Ini merupakan kali pertama mereka bertemu di Balai Kota.

"Kita mengobrol santai lah. Kenalan saja, tidak merongrong," kata Juru Bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, usai bertemu Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Lima orang pendiri Teman Ahok menemui Ahok dan makan siang bersama pada tengah hari, sementara cuaca sedang gerimis di luar ruangan. Mereka menyampaikan ke Ahok bahwa Teman Ahok sudah mengumpulkan KTP dukungan sebanyak 630 ribu buah berupa fotokopi.

"Kami menegaskan ke Pak Ahok bahwa kita sudah punya cukup KTP, bisa maju jalur independen," kata perempuan berkerudung ini.

Sebenarnya, syarat minimal 532 ribu KTP untuk maju secara independen sudah terlampaui. Namun, seperti yang dinyatakan Ahok sebelumnya, Ahok menunggu agar terkumpul satu juta KTP dukungan dulu sebelum deklarasi cagub DKI 2017. Respon Ahok, kata Amalia, positif terhadap dukungan yang sudah terkumpul.

"Sejauh ini Pak Ahok masih mendukung, tapi dengan catatan kita ditantang untuk mengumpulkan 1 juta KTP, waktunya masih panjang," kata Amalia.

Menurut dia, persebaran KTP pendukung Ahok cukup merata. Sekitar 150 posko tersebar di seluruh Jakarta, kecuali untuk satu wilayah.

"Mungkin yang enggak ada hanya di Kepulauan Seribu. Tapi banyak relawan yang berinisiatif di sana," ujar Amalia. (dnu/hri)