Kagum dengan TV Rakitan Kusrin, Jokowi Beri Tambahan Modal

Ray Jordan - detikNews
Senin, 25 Jan 2016 11:45 WIB
Muhammad Kusrin di Istana (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini mengundang Muhammad Kusrin, perakit TV dari barang bekas ke Istana Kepresidenan. Jokowi ingin melihat langsung TV hasil rakitan Kusrin.

Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2016). Kusrin yang didampingi istrinya Siti Aminah datang menemui Presiden Jokowi dengan membawa TV hasil rakitannya.

"Tadi Pak Kusrin sudah bertemu dengan Presiden. Dalam pertemuan itu disampaikan apa yang jadi pekerjaan atau bisnis yang selama ini dijalani. Presiden cukup terkejut, ternyata produk yang dibuat oleh Pak Kusrin dari sisi profesional sudah jadi standard untuk bisa dikomersilkan. Kardus pun sudah pakai brand," ujar Juru Bicara Presiden Johan Budi SP di Istana Merdeka.

Baca juga: Kusrin Cuma Lulusan SD Tapi Bisa Bikin TV, Kok Bisa?

Johan mengatakan, saat ini produk rakitan Kusrin telah mendapat sertifikasi SNI. "Tahapan-tahapan untuk memperoleh perizinan sudah dipenuhi. Sehingga, dikeluarkanlah standard SNI, karena Mas Kusrin sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang diperlukan," kata Johan.

Dalam kesempatan itu, lanjut Johan, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan kepada Kusrin. Diharapkan KUsrin mampu mengembangkan usaha dibidang industri kreatif itu dengan lebih baik lagi.

Baca juga: Produksi 3 Merek TV, Kusrin Bisa Kantongi Rp 75 Juta/Hari

"Secara pribadi Pak Presiden memberikan bantuan tambahan modal, karena melihat effort Mas Kusrin meproduksi barang daur ulang," kata Johan.

Sementara itu, Menteri Perindustiran Saleh Husin mengatakan pihaknya akan memberikan pembinaan untuk usaha Kusrin. Saat ini Kusrin sedang memproses untuk mematenkan merek dagangnya, yakni 'Maxreen'.

"Kementerian Perindustrian ikut membina, sehingga apa yang dilakukan Pak Kusrin secara legal itu betul dan secara industri sudah layak untuk dijual ke konsumen. Ini adalah produk yang dihasilkan oleh Mas Kusrin. Dan SNI yang sudah didapat itu, inilah yang ditunggu oleh MasĀ  Kusrin selama ini. Kami akan melakukan pembinaan agar ke depannya nanti beliau mungkin mempunyai produk dengan merek sendiri, sehingga nilai jualnya akan lebih meningkat. Mereknya sekarang ini 'Maxreen', itu asal kata dari 'Mas Kusrin'," jelas Saleh.

Saat bertemu Presiden Jokowi, Kusrin membawa serta TV hasil rakitannya, yakni TV berwarna merek Maxreen berukuran 14 inch. TV itu dilengkapi dengan remote control dan kartu garansi untuk 1 tahun. TV itu dilengkapi dengan kemampuan multi system, AV stereo system, multbingual dan ada juga gamenya.

"Dalam sebulan saya bisa memproduksi sekitar 4.000-5.000 unit TV. Jadi TV ini memang untuk masyarakat kalangan ke bawah," kata Kusrin. (jor/hri)