Pimpinan Pesantren Alumni Gontor Ikut Doakan Almarhum Putra Menteri Susi

Dhani Irawan - detikNews
Minggu, 24 Jan 2016 16:07 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Tangerang - Menjelang penutupan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Kiai dan Pimpinan Pesantren Alumni Gontor, sekitar 350 peserta mendoakan almarhum Panji Hilmansyah. Putra sulung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu meninggal dunia di AS dan tengah dibawa ke tanah air.

"Panji bagian dari keluarga besar alumni Gontor. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt," kata Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Jakarta Ustaz Aminudin di Siti Hotel, Jl. Moh Toha KM 2,1 Pasar Baru, Kota Tangerang, Minggu (24/01/2016) dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) Zulkifli Muhadli menjelaskan pertemuan itu merupakan pertemuan terbesar yang dihadiri para kiai dan pimpinan pesantren alumni Gontor. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan besar peringatan 90 tahun Pondok Modern.

"Waktu Gontor berdiri tahun 1926, tantangannya berat, karena situasi ekonomi masyarakat lemah, negara belum ada. Tapi Gontor jalan terus, kekuatan utamanya keikhlasan para pendirinya, semangat ini yang akan kita gali dalam pertemuan ini," kata Zulkifli.

Acara Silatnas itu dihadiri sejumlah tokoh serta menteri seperti Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, anggota Wantimpres Hasyim Muzadi, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, mantan Mendag Rahmat Gobel, dan Gubernur Banten Rano Karno.

Jenazah Panji Hilmansyah dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada Minggu (24/1/2016) petang. Dari Bandara Soekarno-Hatta jenazah akan diterbangkan langsung ke Bandara Cilacap.

Sebelum dimakamkan di pemakaman keluarga di Uyeng, Pangandaran, Jawa Barat, jenazah Panji akan disalatkan di Masjid Agung Al-Istiqomah, Pangandaran. Prosesi pemakaman diperkirakan akan selesai pada Minggu tengah malam. (dhn/nrl)