Pomdam Iskandar Muda Bikin Koperasi untuk Bantu Pengemudi Becak Motor di Aceh

Agus Setyadi, - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2016 15:39 WIB
Foto: Agus Setyadi
Jakarta - Prajurit Polisi Militer Kodam Iskandar Muda (Pomdam IM) mendata jumlah becak motor di Banda Aceh. Tujuannya untuk membantu para abang becak, dengan mendirikan koperasi.

Pendataan becak motor digelar di markas Pomdam IM. Abang becak yang melintas diminta untuk masuk ke dalam. Setelah pendataan selesai, mereka kemudian menyantap makan siang bersama di "Warung shodaqoh untuk pengemudi Bentor". Letaknya, persis di depan markas Pomdam.

Komandan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda (Danpomdam IM), Kolonel CPM Yusri Nuryanto, mengatakan, setelah dilakukan pendataan, pengemudi becak motor di Banda Aceh nantinya akan diberikan kartu pengenal semacam Kartu Tanda Anggota. Mereka dapat menikmati layanan koperasi yang dibikin Pomdam.

"Nanti akan kita bikin koperasi, koperasi ini di bawah penanggung jawab Pangdam (Mayjen TNI Agus Kriswanto). Mereka juga akan diberikan bantuan," kata Yusri kepada wartawan usai pendataan becak motor, Sabtu (23/1/2016).

Menurut Yusri, bantuan diberikan untuk para abang becak ini melalui koperasi. Ia mencontohkan, jika ada pengemudi becak yang butuh dana untuk memperbaiki becak, boleh meminjam uang dikoperasi tersebut.

"Nanti pengembaliannya bisa dicicil misalnya sehari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu atau terserah mereka," jelasnya.

Koperasi milik Kodam IM tersebut dikoordinir oleh pihak Pomdam. Hingga kini, sudah 500 becak yang beroperasi di Banda Aceh terdata.  
 
"Bapak Pangdam juga akan memberikan bantuan untuk pengemudi bentor. Nanti juga akan dibuat acara dikediaman bapak Pangdam," ungkap Yusri.

(faj/faj)