Surat dari Buncit

Memantau Gerhana Matahari Total di Indonesia Lewat detikcom

Rachmadin Ismail - detikNews
Rabu, 20 Jan 2016 11:01 WIB
Foto: Istimewa/Getty Images
Jakarta - Indonesia bakal jadi 'tuan rumah' momen langka Gerhana Matahari Total. Pada 9 Maret 2016 nanti, mata dunia akan tertuju ke wilayah Palembang, Bangka Belitung, sampai Maluku Utara. detikcom akan menyajikan khusus liputannya untuk Anda.

Gerhana tahun ini sangat istimewa karena hanya melintas di wilayah Indonesia. Jalurnya cukup panjang, membentang dari Indonesia Barat sampai Indonesia Timur. Sejumlah fenomena menarik bisa dinikmati, seperti manik-manik Baily, yakni fenomena saat bulan menutupi matahari, di mana permukaan bulan yang tidak rata menyebabkan kita dapat melihat gumpalan cahaya yang mirip manik-manik di tepi piringan bulan.

Kita juga dapat melihat efek cincin berlian, saat manik-manik baily hilang satu per satu. Saat hilang itu, akan gelap total dan memunculkan korona matahari. Itulah mahkotanya matahari, yang biasanya diteliti untuk melihat diameter matahari.

Sejak 11 Januari lalu, detikcom sudah menampilkan sejumlah berita terkait Gerhana Matahari Total 2016 dari berbagai sisi. Mulai dari sains, melawan mitos, sejarah sampai sisi wisata di detikTravel. Pemberitaan akan terus berjalan sampai hari H nanti pada 9 Maret, bahkan beberapa hari setelahnya.

Selain pemberitaan, halaman khusus juga disiapkan untuk memudahkan Anda memantau gerhana. Halaman tersebut bisa diakses di gerhanamatahari.com. Di sana, Anda bisa menemukan artikel, kumpulan foto, video dan infografis terkait Gerhana Matahari Total 2016.

Pada tanggal 9 Maret nanti, di halaman tersebut juga akan disajikan live streaming pemantauan Gerhana Matahari Total dari berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa melihat bagaimana penampakan gerhana di Bangka Belitung, Ternate, sampai Maba.

Nantikan juga program khusus kami berkaitan dengan Gerhana Matahari Total. Sejumlah hadiah dan kegiatan menarik sudah disiapkan untuk para pembaca yang siap jadi pemburu gerhana.

Jadi, siap jadi saksi sejarah momen langka Gerhana Matahari Total di Indonesia? Pantau terus di gerhanamatahari.com hanya di detikcom! (mad/mad)