DetikNews
Jumat 15 Januari 2016, 01:52 WIB

Suap Akil Mochtar, Bupati Empat Lawang Dihukum 4 Tahun Penjara

Ferdinan - detikNews
Suap Akil Mochtar, Bupati Empat Lawang Dihukum 4 Tahun Penjara Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bupati Empat Lawang, Sumsel, Budi Antoni Aljufri dan istrinya Suzanna Budi Antoni dihukum masing-masing 4 tahun dan 2 tahun penjara serta denda Rp 150 juta subsider dua bulan kurungan. Keduanya terbukti memberikan suap sebesar Rp 10 miliar dan USD 500 ribu kepada Akil Mochtar terkait penanganan sengketa Pilkada Kabupaten Empat Lawang di MK.

"Menyatakan Budi Antoni Aljufri dan Suzanna Budi Antoni terbukti scara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata Hakim Moch Muhlis saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl Bungur Besar, Jakpus, Kamis (14/1/2016).

Budi dan istrinya juga terbukti telah memberikan keterangan yang tidak benar saat dihadirkan sebagai saksi di persidangan dengan terdakwa Akil Mochtar.

Keduanya memberikan keterangan tidak benar terkait uang sebesar Rp10 miliar dan USD 500 ribu yang dititipkan di BPD Kalbar cabang Jakarta. Uang tersebut merupakan uang suap yang akan diberikan kepada Akil untuk mempengaruhi putusan perkara permohonan keberatan atas hasil Pilkada Kabupaten Empat Lawang.

Budi dan istrinya terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang ancaman pidananya diatur  Pasal Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Keduanya juga melanggar Pasal 22 juncto Pasal 35 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(fdn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed