DetikNews
Senin 11 Januari 2016, 15:17 WIB

Jero Wacik: Pak Wapres Mau Jadi Saksi Meringankan Saya

Ferdinan - detikNews
Jero Wacik: Pak Wapres Mau Jadi Saksi Meringankan Saya Jero Wacik (Foto: Grandyos Zafna/detikFoto)
Jakarta - Mantan Menteri ESDM Jero Wacik menyebut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersedia untuk hadir dalam persidangan sebagai saksi meringankan. Namun Jero tak berbicara soal urgensi keterangan JK yang dijadwalkan hadir pada Kamis (14/1).

"Ya saya mendapat informasi bahwa Pak Wapres (JK) akan menjadi saksi meringankan untuk saya, hari Kamis (14/1) jam 10 pagi. Saya berterimakasih Beliau sudah mau berkenan menjadi saksi meringankan saya," ujar Jero di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl Bungur Besar, Jakpus, Senin (11/1/2016).

Tapi Jero menolak bicara saat berulang kali ditanya wartawan mengenai urgensi keterangan JK. "Ya nanti kita tunggu hari Kamis lah," katanya.

Permohonan menghadirkan JK sebagai saksi meringankan disampaikan Jero melalui penasihat hukumnya, Sugiyono. Majelis Hakim yang diketuai Sumpeno mengabulkan permohonan Jero. Sidang siang ini yang sedianya mengagendakan pemeriksaan terdakwa diputuskan ditunda.

Sidang dilanjutkan Kamis (14/1) untuk mendengarkan keterangan JK sekaligus pemeriksaan terdakwa. Sumpeno mengingatkan bila JK berhalangan hadir karena kesibukannya, sidang tetap dilanjutkan tanpa memberi kesempatan kedua untuk Jero menghadirkan JK.

JK sebelumnya pernah hadir di Pengadilan Tipikor Jakarta untuk menjadi saksi meringankan kasus korupsi dana pelaksaanaan kegiatan pertemuan dan konferensi internasional di Kemlu tahun 2004-2005 dengan terdakwa bekas Sekjen Kemenlu Sudjanan Parnohadiningrat.

JK saat itu datang ke Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu 4 Juni 2014, sebelum dirinya terpilih sebagai Wapres.

Selain itu JK juga pernah menjadi saksi meringankan di Pengadilan Tipikor Bandung untuk terdakwa Irianto MS Syafiuddin alias Yance, terdakwa korupsi pembebasan lahan PLTU batubara Sumur Adem Indramayu pada Senin 13 April 2015.
(fdn/hri)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed