detikNews
Minggu 10 Januari 2016, 05:39 WIB

Laporan Dari Budapest

Serba Superlatif Testimoni Seniman Hongaria Tentang Bali

Eddi Santosa - detikNews
Serba Superlatif Testimoni Seniman Hongaria Tentang Bali "Bali bak negeri dongeng," pelukis Norbert (Foto: dok. KBRI Budapest)
Budapest - Keindahan Bali, Pulau Dewata, sudah dipuja-puja berbagai bangsa sejak dulu kala. Pun dua seniman Hongaria ini serba superlatif mencurahkan testimoni mereka dalam karya-karya seni rupa.

Adalah Deszery Dorottya, seorang fotografer wanita kenamaan Hongaria dan suaminya pelukis Szuk Norbert. Sejoli ini memamerkan karya-karya mereka tentang Bali pada Pameran Foto dan Lukisan Bali di Pusat Kebudayaan Jokai Mor, di kota Budaors, Hongaria, yang akan berlangsung sampai Maret 2016.

Betapa keindahan Bali amat tak terpemanai itu diekspresikan oleh Dorottya dan Norbert melalui kekuatan optik dalam jepretan kamera dan sapuan cat nan mempesona.

"Ketika memasuki Pulau Bali serasa berada di negeri dongeng, karena alam, budaya dan masyarakat Bali yang unik dan eksotik," ujar Norbert dalam sambutannya pada pembukaan, Jumat waktu setempat atau Sabtu (9/1/2016) WIB.

Kegiatan pameran ini diliput luas oleh media elektronik maupun cetak setempat, bahkan Editor in Chief majalah fashion kenamaan Hongaria "Eksuvoi Divat", Omboly Nora hadir dalam acara pembukaan.

Norbert berjanji bahwa pada akhir Maret 2016 dia beserta keluarga kecilnya akan kembali terbang ke Bali, selain untuk melepas rindu juga untuk mencari inspirasi baru untuk karya-karyanya.

"Bali memang pulau paling romantis di dunia, terbukti Pulau Dewata ini telah mempersatukan cinta dua seniman Hongaria yang menghasilkan karya-karya seni bercitarasa tinggi," puji Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo saat membuka pameran.
Dubes membuka pameran Dorottya dan Norbert (Foto: dok. KBRI Budapest)

Dubes Wening, yang juga ibunda seniman musik reggae Ras Muhamad, ini menambahkan data meyakinkan bahwa Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit 2015 berdasarkan jajak pendapat oleh situsweb rujukan para pelancong, Tripadvisor.  

"Selain Bali, masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Indonesia yang memiliki pemandangan alam spektakuler dan unik kebudayaannya seperti Raja Ampat di Papua, Tana Toraja di Sulawesi Selatan atau Pulau Komodo dan masih banyak lagi," imbuh Dubes.

Pembukaan pameran dimeriahkan antara lain oleh peragaan busana hasil rancangan desainer Hongaria, Marianna Pataki dengan menggunakan dekor latar belakang pemandangan tempat-tempat wisata di Pulau Bali.
Dorottya diwawancarai media televisi setempat (Foto: dok. KBRI Budapest)

(es/es)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com