Eks Kepsek SMA 3 Menang di PTUN, Ahok: Kita Enggak Bisa Balikin Jadi Kepsek

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Kamis, 07 Jan 2016 20:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Ari Saputra/detikFoto)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Ari Saputra/detikFoto)
Jakarta - Eks Kepala Sekolah SMAN 3 Jakarta, Retno Listyarti memenangkan gugatan terhadap Dinas Pendidikan (Disdik) DKI tentang pencopotan jabatannya di PTUN Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) yang mendengar itu hanya menanggapi santai.

"Biasa saja kalau dia menang. Dia juga nuntutnya apa sih? Cuma nuntut jadi kepala sekolah kan?" ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2016).

Ahok mengungkapkan pihaknya enggan mengembalikan jabatan Kepala Sekolah SMAN 3 kepada Retno. Sebab Pemprov DKI Jakarta juga memiliki hak dalam menentukan siapa yang layak duduk di pucuk struktural sekolah.

"Emang putusan PTUN bisa eksekusi? Kalau kita enggak mau balikin dia jadi kepala sekolah boleh enggak? Haknya kita kok. Besok kalau aku copot (pejabat DKI lainnya juga) pasti ada yang gugat aku ke PTUN," sambungnya dengan santai.

Kadisdik DKI Jakarta yang kala itu masih dijabat oleh Arie Budhiman memberhentikan Retno melalui SK Kadisdik DKI Jakarta No.355/2015 tentang pencopotannya sebagai Kepala SMAN Jakarta. Arie menilai salah satu kinerja Retno yang dinilai kurang baik saat meninggalkan sekolahnya sesaat sebelum UN berlangsung pada hari kedua, Selasa (14/4/2015).

Tidak terima diberhentikan sebagai Kepsek SMA 3 pada Kamis (7/5), melalui kuasa hukumnya dari LBH Jakarta Retno pun menggugat Pemprov ke PTUN Jakarta. (aws/hri)