Strategi Dirut TransJ Baru Gandeng Metromini dan Kopaja

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Kamis, 07 Jan 2016 16:41 WIB
Foto: Edward Febriyatri Kusuma
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) inginĀ Metromini dan Kopaja bergabung ke 'partai' PT Transportasi Jakarta. Demi mewujudkan impian Ahok, Dirut PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatur strategi.

"Memang ada pola berbeda Metromini dan Kopaja, nanti akan dipelajari," ujar Budi usai sertijab di kantor PT Transportasi Jakarta di Jl Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (7/1/2015). Budi menggantikan posisi ANS Kosasih yang telah memimpin BUMD itu selama dua tahun. Penunjukan Budi yang merupakan wakil presdir perusahaan transportasi Cipaganti dilakukan melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT TransJakarta.

Budi juga akan melakukan penjajakan. "Ini bukan lagi semata TransJ tetapi harus melihat Dishub dan Lantas serta semua pihak untuk bisa dijajaki ulang sehingga bisa efektif dana yang diberikan Pemprov DKI untuk bisa dinikmati masyarakat," ujarnya.

Selain pengadaan armada bus baru, Budi akan memberikan pelatihan kepada sopir TransJakarta untuk meminimalisasi kecelakaan.

"Nanti akan dibentuk pelatihan akan kita jajaki karena yang sering kejadian itu masalah safety dan kedisiplinan. Kalau secara umum, saya katakan sopir TransJ jauh lebih baik dibanding sopir lain. Namun kita tahu juga persoalan safety tidak boleh ada toleransi. Nanti kita akan bentuk bukan lagi sebagai aturan tetapi framing yang melekat di kepala mereka," kata Budi. (aan/nrl)