Ganti Dirut TransJ, Ahok: Hampir 2 Tahun Dia Tidak Mengerti yang Saya Mau!

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Kamis, 07 Jan 2016 09:40 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wacana penggantian Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih di awal 2016 bukan sekadar isapan jempol belaka. Gubernur Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan unek-uneknya tentang kinerja Kosasih selama 2 tahun.

"Sudah kita mau ganti. Saya pikir sudah hampir 2 tahun, tidak mengerti yang saya mau. Sekarang saya bilang, kenapa saya bentuk satu PT. Kenapa dengan adanya busway malahan tidak membuat orang pindah ke busway?" ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2016).

"(Alasan mengganti Kosasih) Tentu macam-macam, salah satunya soal sterilisasi, bus jelek, enggak tepat waktu dan macam-macam," lanjut Ahok.

Menurut Ahok, kinerja Kosasih selama ini masih dirasa kurang. Salah satunya saat membeli bus Hino, Ahok harus turun tangan langsung dengan membujuk perusahaannya yang berasal dari Jepang agar mau kembali memproduksi hingga ribuan unit.

"Butuh bus bisa minta, masa minta bus mesti saya yang minta ke menteri? Saya juga yang ngundang Hino itu minta kamu bikin bus lagi deh yang CNG. Kan Hino sudah enggak mau bikin bus CNG lagi kan, enggak mau lagi yang berbasis CNG," kata Ahok.

"Saya pasti beli. Sekarang saya tanya, ada enggak TransJakarta order bus Hino? Enggak ada. Untung saja Kemenhub, Pak Jonan, bantu order 3.000 unit," lanjut dia.

Ahok masih belum waktu untuk melantik Dirut PT Transportasi Jakarta baru.

Lantas bagaimana dengan karier Kosasih? "Lepas saja sebagai profesional," pungkas Ahok. (aws/aan)