Ahok Sebut Dirut TransJakarta Akan Diganti Petinggi Cipaganti

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 06 Jan 2016 22:28 WIB
Foto: TransJ (Lamhot Aritonang/detikfoto)
Jakarta - Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) akan mengganti Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih. Penggantinya adalah Wakil Presiden Direktur PT Citra Mahardika Tbk (Cipaganti) bernama Budi Kaliwono.

"Ya sudah, kalau Cipaganti berarti dia (Budi Kaliwono pengganti Antonius Kosasih di TransJakarta)," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (6/1/2016) malam.

Namun Ahok tak menjawab jelas apakah Kosasih akan digantikan oleh Budi pada 8 Januari besok lusa atau pada waktu yang lain. Seperti diketahui, 8 Januari besok adalah waktu perombakan pejabat di Pemprov DKI.

"Saya enggak tahu (waktu pergantiannya)," jawab Ahok santai.

Alasan Ahok memilih Budi Kaliwono menjadi Dirut PT TransJakarta, karena Budi dinilai sudah terbiasa mengelola perusahaan transportasi besar (Cipaganti). Menurut Ahok, pengelolaan Cipaganti lebih sulit ketimbang TransJakarta.

"Ya kita pikir kita mesti cari perusahaan besar. Urus Cipaganti lebih susah kan? Mesti mencari penumpang, mesti atur jadwal bus, mesti memikirkan kredit mobil. Lebih susah sana (mengurus Cipaganti). Masalah lagi pemilik modal macam-macam," tutur Ahok.

Dia yakin bila Cipaganti saja bisa diurus Budi, berarti Budi juga bisa mengurus TransJakarta. Soalnya, mengurus TransJakarta tak perlu mencari penumpang karena semua rute akan dimonopoli TransJakarta.

"Kalau dia mampu menghandle (susahnya mengelola Cipaganti) berarti hebat. Mengurus TransJakarta lebih gampang dong. Saya kasih kamu tugasnya memonopoli semua rute di Jakarta. Enggak usah cari penumpang," tutur Ahok.

(dnu/miq)