Kahar Muzakir Ketua Banggar DPR, Noor Supit: APBN Bukan Alat Politik!

Indah Mutiara Kami - detikNews
Rabu, 06 Jan 2016 12:54 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Setya Novanto yang ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar mulai bermanuver dengan menempatkan koleganya, Kahar Muzakir di posisi ketua Badan Anggaran DPR. Alasannya pun dipertanyakan karena Banggar punya posisi yang strategis.

"Kita juga enggak ngerti motivasi penempatan (Kahar) itu," kata politikus Golkar, Ahmadi Noor Supit yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Banggar, Rabu (6/1/2016).

Banggar DPR bertugas untuk membahas anggaran setiap tahunnya bersama dengan pemerintah. Yang terdekat, RAPBN-P 2016 dijadwalkan mulai dibahas pada Maret 2016 mendatang.

Supit mengingatkan bahwa APBN harus bebas dari tarik menarik politik. Jangan sampai anggaran untuk rakyat diobrak-abrik.

"Kita ingin APBN bebas dari hal-hal politik. Anggaran itu untuk kepentingan rakyat, jangan untuk alat bargaining politik," ujarnya.

Perombakan ini dilakukan lewat surat DPP Golkar yang dikirimkan ke DPR. Di dalam surat itu, tercantum penunjukan Novanto sebagai ketua fraksi, Aziz Syamsuddin sebagai sekretaris fraksi, serta Kahar Muzakir sebagai ketua Banggar.

"Logikanya, surat itu belum boleh diterima. Tapi kan pimpinan DPR temen-temennya Setya Novanto. Dia menggunakan kekuasaannya untuk menggunakan orang-orangnya," ucap Supit.

Melihat ke belakang, pembahasan anggaran di DPR memang selalu diwarnai tarik-menarik. Yang terakhir, APBN 2016 juga sempat 'disandera' meski akhirnya disahkan di detik-detik terakhir. (imk/tor)